• Jumat, 24 September 2021

Disperumkim Pastikan Lubang Pemakaman Pasien Covid-19 Tersedia di Empat TPU

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:10 WIB
Foto: Rizki Mauludi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor memastikan lubang pemakaman untuk pasien Covid-19 Kota Bogor yang meninggal masih banyak tersedia di empat Tempat Pemakaman Umum (TPU) wilayah Kota Bogor. Selain itu UPTD Pemakaman juga telah menambah tempat pemakaman untuk nonmuslim di TPU Situ Gede seluas 1 hektare.

"Ya, alhamdulillah semua masih mencukupi. Ada empat TPU di Kota Bogor yang disediakan pemakaman pasien Covid-19 Kota Bogor yaitu TPU Kayu Manis, TPU Mulyaharja, TPU Situ Gede, dan TPU Gunung Gadung," ungkap Kepala UPTD Pemakaman pada Disperumkim Kota Bogor Toto Gunarto kepada INILAH, Rabu (4/8/2021).

Toto melanjutkan, saat ini penggalian menggunakan beko, bantuan dari PUPR. Alhamdulillah penggalian lancar, membantu sekali pada situasi saat ini. 

"Karena kasus Covid-19 kemarin meningkat, jumlah pasien meninggal meningkat sehingga tenaga manusia tidak sanggup untuk menggali. Jadi digali lubang dengan beko atau alat berat," tambahnya.

Toto membeberkan, selama pandemi 2021 dalam satu hari puncak paling tertinggi adalah 28 orang pasien Covid-19 meninggal dan harus menyediakan lubang segera. 

"Karena tenaga manusia terbatas, makanya dibantu alat berat. Tetapi alhamdulillah, saat ini ada penurunan, satu Minggu lalu perhari bisa sampai 15-17 pasien Covid-19 yang meninggal. Bahkan sampai 28 kan puncaknya. Yang sekarang per hari hanya empat," bebernya.

Dia juga memaparkan, untuk memenuhi kebutuhan TPU non muslim pihaknya membuka lahan baru di TPU Situ Gede, jadi TPU Situ Gede ini berfungsi untuk pemakaman muslim dan nonmuslim. Selama ini kan nonmuslim terpusat di Gudung Gadung dan Cipaku, tetapi sekarang pihaknya membuka di wilayah Bogor Barat dengan luas area 1 hektare.

"Situ gede tidak hanya muslim saja, bisa nonmuslim juga terlebih pasien Covid-19 Kota Bogor, lubang banyak di Situ Gede sendiri ada 40 lubang yang sudah tersedia. Di TPU lainnya juga jumlahnya banyak masih puluhan seperti di Kayu Manis ada 30 lubang khusus untuk Covid-19," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X