• Senin, 27 September 2021

RSUD Cibinong Dapat Bantuan 4 Ton Oksigen

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 19:10 WIB
Foto: Reza Zurifwan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong - RSUD Cibinong mendapatkan kembali bantuan liquid oksigen sebanyak 4 ton dari Pemprov Jabar senilai Rp30 jutaan. 

"Hari ini Pemkab Bogor mendapatkan bantuan liquid oksigen dari Sinar Mas dan Pemprov Jawa Barat sebanyak 4 ton. Bantuan senilai Rp 30 jutaan ini kami alokasikan untuk RSUD Cibinong," ucap Sekretaris Posko Oksigen Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Dia menerangkan, bantuan liquid oksigen dari Pemprov Jawa Barat merupakan ke-6 kalinya, dan itu sangat membantu ketersediaan liquid oksigen 4 RSUD dan 25 rumah sakit swasta di Bumi Tegar Beriman.

"Rumah sakit yang kami bantu itu kalau vendor mereka kewalahan pengadaan hingga demi kesehatan dam keselamatan pasien, maka kami suplai liquid oksigennya," terangnya. 

Budi menjelaskan, dengan bantuan liquid oksigen yang rutin dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat, Tanoto Foundation dan Sinar Mas telah menolong masyarakat luas karena sebelumnya statusnya darurat.

"Juli lalu, rumah sakit kesulitan mendapatkan liquid oksigen karena mereka dipenuhi pasien Covid-19 hingga ketersediaam dengan kebutuhan itu tidak mencukupi. Dengan adanya bantuan liquid oksigen ini maka kita tidak lagi darurat, karena ketersediannya sudah mencukupi dan sementara jumlah keterisian bed occupanty rate (BOR) ruang rawat inap dan ICU pasien Covid-19 mengalami penurunan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Instalasi Gas Medis RSUD Cibinong Tri Wiryawan menambahkan dengan bantuan liquid oksigen sebesar 4 ton ini bisa digunakan selama kurang dari 2 hari.

"Di saat pandemi Covid-19 ini, kebutuhan liquid oksigen RSUD Cibinong mencapai 2,9 ton perharinya. Bantuan liquid oksigen ini bisa kami pakai untuk  sehari setengah," tambah Tri. (Reza Zurifwan)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X