• Jumat, 17 September 2021

Meski Ada Beton Penahan Lima Rumah di Rumpin Tetap Ambruk, ESDM Jabar Sudah Prediksi

- Senin, 13 September 2021 | 17:26 WIB
Lima rumah di Kampung Ciater, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor akhirnya ambruk. (reza zurifwan)
Lima rumah di Kampung Ciater, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor akhirnya ambruk. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Rumpin - Sesuai prediksi, lima rumah di Kampung Ciater, RT 01 RW 07, Desa Cipinang, Rumpin akhirnya ambruk karena terdampak bencana tanah longsor susulan di dekat galian usaha tambang PT Batu Sampurna Makmur.

Untungnya, warga sebelumnya sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman oleh perusahaan tambang tersebut. Pasca bencana tanah longsor di sekitarnya hingga 11 unit bangunan rumah warga mengalami retak-retak hingga sangat membahayakan jiwa mereka.

Kepala Kantor Cabang Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat Wilayah II Iman Budiman mengatakan, pasca bencana tanah longsor susulan pada akhir pekan kemarin jajarannya dan PT Batu Sampurna Makmur (BSM) tetap lebih mementingkan keselamatan warga karena lahan atau tanah di sekitar lokasi masih terbilang stabil.

Baca Juga: Rocky Gerung vs Sentul City: Perjuangan Kami untuk Warga Desa Bojongkoneng!

"PT BSM sebelumnya sudah membangun dinding beton penahan tanah (DPT), namun karena tingginya curah hujan akhirnya sesuai prediksi beberapa rumah milik warga ambruk. Untungnya, masyarakat yang meninggali rumah tersebut sudah diungsikan," ujar Iman Budiman, Senin 13 September 2021.

Ia menerangkan, upaya relokasi pemukiman warga Kampung Ciater sudah dilakukan PT BSM. Namun, masih ada penolakan atau keberatan dari warga tersebut

"Kebetulan PT BSM memiliki lahan juga di Kecamatan Rumpin untuk calon rahan relokasi pemukiman, namun warga ada yang keberatan atau menolak atau karena alasan lain," terangnya.

Baca Juga: Dibiayai Dana PEN, Pemkot Bogor Mulai Tata Kawasan Suryakencana

Iman menuturkan sesuai hasil pemeriksaan inspektorat tambang, maka harus ada analisa kembali dan mendalam mengenai penyebab bencana tanah longsor Kampung Ciater, RT 01 RW 07, Desa Cipinang, Rumpin.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh, Bangunan SD Dekat Istana Bogor Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:04 WIB

Tokoh Pers Bogor H. Herman Suriawijaya Tutup Usia

Kamis, 16 September 2021 | 08:22 WIB
X