• Jumat, 17 September 2021

Longsor di Rumpin karena Pengawasan Usaha Tambang Lemah, Ade Yasin Bakal Lakukan Ini

- Selasa, 14 September 2021 | 15:33 WIB
 Bencana Tanah Longsor di Rumpin Karena Lemahnya Pengawasan Usaha Tambang. (Reza Zurifwan)
Bencana Tanah Longsor di Rumpin Karena Lemahnya Pengawasan Usaha Tambang. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Rumpin- Pemkab Bogor berpendapat bencana tanah longsor di Kampung Ciater, RT 01 RW 07, Desa Cipinang, Rumpin lantaran lemahnya penawasan usaha tambang yang dikerjakan PT. Batu Sampurna Makmur (BSM). 

"Kejadian dua kali bencana tanah longsor di Kampung Ciater, RT 01 RW 07, Desa Cipinang, Rumpin karena pengawasan usaha tambangnya yang lemah, hal itu merupakan tanggung jawab Pemprov Jawa Barat maupun pemerintah pusat karena adanya undang-undang (UU) atau aturan yang diubah dari UU nomor 4 tahun 2009 menjadi UU nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batubara," ucap Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Selasa, (14/09/2021).

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini pun berniat mengevaluasi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pemkab Bogor, agar tidak terulanhg lagi bencana serupa hingga merugikan banyak pihak.

Baca Juga: Kawasan Bebas Mangkal Ojol di Kota Bogor, Pengemudi Juga Dilarang Berhenti, Inilah 6 Titiknya

"Kalau banyak mudharat atau efek negatifnya buat masyarakat, kami pun akan mengevaluasi lagi rekomendasi yang telah kami berikan sebelumnya," sambungnya.

Ade pun berharap, kedepannya Pemkab Bogor ikut dilibatkan dalam pengawasan dan diberikan anggarannya oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM).

"Usaha tambang baik yang berizin maupun tak berizin kan banyak, sementara Pemkab Bogor hanya bisa menghentikan operasional sementara usaha tambang yang liar atau melanggar aturan. Kedepan kami ingin dilibatkan dan juga diberikan anggaran dan kewenangan pengawasannya," harap Ade.

Baca Juga: Bima Arya Masih Belum Menggelar PTM Terbatas, Ini Catatan yang Harus Dipenuhi

Anggota DPRD Kabupaten Bogor asal Rumpin Daen Nuhdiana mengamini bahwa ada kelemahan pengawasan hingga akibat usaha tambang PT. BSM berakibat negatif yaitu ambruknya rumah warga dan juga jalan desa.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh, Bangunan SD Dekat Istana Bogor Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:04 WIB

Tokoh Pers Bogor H. Herman Suriawijaya Tutup Usia

Kamis, 16 September 2021 | 08:22 WIB
X