• Jumat, 17 September 2021

Terkait Pembebasan Lahan Jalan R3, TAPD dan Banggar Belum Sinkron Pendapat

- Selasa, 14 September 2021 | 16:12 WIB
Pembebasan lahan jalan R3 Bogor masih belum sinkron. (rizki mauludi)
Pembebasan lahan jalan R3 Bogor masih belum sinkron. (rizki mauludi)

INILAHKORAN, Bogor - Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bogor dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bogor belum sependapat soal pembebasan lahan jalan regional ring road (R3) sebesar Rp37 miliar.

Hal itu lantaran dalam rapat keempat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan 2021 pada Senin 13 September 2021 malam, anggaran belum balance karena masih defisit Rp43 miliar.

Namun, TAPD Kota Bogor berjanji bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) untuk menanggulangi defisit tersebut. Selain itu DPRD Kota Bogor juga menginginkan bahwa pembebasan lahan Jalan R3 dituntaskan hingga ke Wangun, Kecamatan Bogor Timur.

Baca Juga: Jalan R3 Dilanjut, Penyelesaian Lahan Tahap III Ditargetkan Akhir 2021Baca Juga: Jalan R3 Dilanjut, Penyelesaian Lahan Tahap III Ditargetkan Akhir 2021

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati mengatakan, hasil pembahasan rapat keempat KUA PPAS Perubahan 2021 belum selesai. Sebab, masih ada pekerjaan rumah yaitu pembebasan lahan R3 diminta lebih detail.

"Jadi ada PR jalan R3 itu. Selain itu untuk mem-balance-kan itu kami membicarakan kenaikan pendapatan, tapi belum final. Karena tadi pembahasan lebih banyak fokus ke pembebasan lahan. Defisit terakhir rapat pertama Rp203 miliar, dikurangi lagi sampai Rp122 miliar dan sekarang Rp43 miliar," ungkap Sekda Kota Bogor itu, Selasa 14 September 2021.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor yang juga Ketua Banggar, Atang Trisnanto mengatakan rapat pada Senin malam adalah rapat keempat antara Banggar dan TAPD membahas KUPA PPAS Perubahan 2021, ada beberapa hal yang sangat krusial hingga belum ada solusi terbaik.

Baca Juga: Pemkot Bogor Mulai Garap Kembali Jalan R3Baca Juga: Pemkot Bogor Mulai Garap Kembali Jalan R3

"Pertama adalah keinginan DPRD agar ada program dari Pemkot Bogor untuk pemulihan ekonomi, terutama bantuan UMKM dan bantuan sosial melalui APBD kepada masyarakat yang selama ini ditemui di lapangan maupun hasil reses kemarin. Banyak yang belum menerima bantuan pemerintah terutama ketika dana alokasi PKH mereka tifak aktif lagi dan lain-lain," ungkap Atang.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh, Bangunan SD Dekat Istana Bogor Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:04 WIB

Tokoh Pers Bogor H. Herman Suriawijaya Tutup Usia

Kamis, 16 September 2021 | 08:22 WIB
X