• Jumat, 17 September 2021

TMMD ke 112 di Desa Bojong, TNI Bangun Jalan dan Mental Masyarakat

- Rabu, 15 September 2021 | 11:53 WIB
Pemkab Bogor, Korem 061 Surya Kencana dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor pada tahun ini melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 di Desa Bojong, Kecamatan Klapanungal foto: Reza Zurifwan
Pemkab Bogor, Korem 061 Surya Kencana dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor pada tahun ini melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 di Desa Bojong, Kecamatan Klapanungal foto: Reza Zurifwan
INILAH, Klapanunggal-Pemkab Bogor, Korem 061 Surya Kencana dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor pada tahun ini melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 di Desa Bojong, Kecamatan Klapanungal.
 
TNI tidak hanya membangun pengerasan jalan sepanjang 2.450 meter dengan lebar 7 meter, tetapi juga membangun bahu jalan, parit jalan, pemasangan box culivert hingga pembangunan non fisik berupa pembinaan mental masyarakat Desa Bojong.
 
"Tahun ini pelaksnaan TMMD berupa sasaran fisik dan non fisik, kalau sasaran fisik itu pengerasan jalan hingga pemasangan box culivert, sementara sasaran non fisik yaitu pembinaan mental agar masyarakat memiliki wawasan kebangsaan dan terhindar menjadi pelaku krimimal, lalu juga melakukan pengarahan tentang pertanian, perikanan, peternakan serta perkebunan," ucap Komandan Korem 061 Surya Kencana Brigjend TNI Ahmad Fauzi kepada wartawan, Rabu, (15/09/2021).
 
 
Pria yang pada tahun 2012 lalu pernah menjabat sebagai Danyonban Sat-81 Kopasus ini menerangkan sejak tiga tahun terakhir, pelaksanaan TMMD juga melibatkan matra Angkatan Udara dan Angkatan Laut.
 
"Dalam pembangunan jalan di daerah terpencil, daerah kantong agak miskin hingva perbatasa  wilayah ini, TMMD ini tidak hanya terdiri dari Angkatan Darat, tetapi juga Angkatan Udara dan Angkata  Laut," terangnya.
 
Bupati Bogor AdeYasin menuturkan bahwa pelaksanaan pengerasan jalan di Desa Bojong menuju Desa Cikahuripan, Klapanunggal ini demi mempermudah akses masyarakat baik yang bekerja di pabrik-pabrik ataupun akses wisatawan menuju objek-objek wisata yang ada di dua desa tersebut.
 
 
"Saat ini Jalan Raya Narogong kerap macet hingga tentunya masyarakat butuh akses jalan baru dan yang baik, hingga Pemkab Bogor dibantu TNI melakukan pengerasan jalan yang dimulai hari ini hingga 14 Oktober mendatang dengan besar anggaran pembangunan sebesar Rp 2,3 milyar dengan harapan memudahkan warga dalam akses menuju tempat kerjanya dan juga adanya peningkatan ekonomi masyarakat desa karena objek wisata yang ada di desanya banyak dikunjungi wisatawan," tutur Ade Yasin.
 
Ibu dua orang anak ini melanjutkan selain TMMD, dalam program Bakti TNI, jajarannya juga bersama Kodam III Siliwangi dan lainnya kami melaksanakan pembangunan 32 rawayan atau indiana jones di desa-desa.
 
"Bersama TNI kami selalu bersinergi dalam membangun insfrastruktur jalan dan jembatan di desa-desa," lanjutnya.
 
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor Rhenaldi Yushab Fiansyah menjelaskan selain dengan TMMD dan Bakti TNI, Pemkab Bogor melalui program satu milyar satu desa (Sami Sade).
 
"Untuk mempermudah aksesbilitas warga desa dan lebih membuat mereka mandiri maupun  maju, kami pun membuat program TMMD, Bakti TNI dan Sami Sade," jelas Rhenaldi. (Reza Zurifwan)

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Duh, Bangunan SD Dekat Istana Bogor Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:04 WIB

Tokoh Pers Bogor H. Herman Suriawijaya Tutup Usia

Kamis, 16 September 2021 | 08:22 WIB
X