• Minggu, 17 Oktober 2021

Aturan Ganjil-genap Puncak Tinggal Nunggu Finalisasi Kemenkumham, Seperti Apa?

- Kamis, 16 September 2021 | 12:52 WIB
Kebijakan ganjil genap kendaraan di kawasan Puncak yang akan disusun peraturannya oleh Kementeria Perhubungan. (INILAHKORAN/Reza Zurifwan)
Kebijakan ganjil genap kendaraan di kawasan Puncak yang akan disusun peraturannya oleh Kementeria Perhubungan. (INILAHKORAN/Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Puncak – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menunggu finalisasi aturan ganjil-genap menuju Kawasan Puncak. Seperti apa jadinya?

Setelah menerima hasil evaluasi uji coba sistem ganjil genap kendaraan yang menuju Kawasan Puncak dan Sentul dan juga berauduensi dengan perwakilan organisasi Puncak Ngahiji, Dirjen Perhubungan Darat pun menunggu finalisasi peraturannya dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Hasil evaluasi uji coba sistem kendaraan yang menuju Kawasan Puncak dan Sentul dan juga berauduensi dengan perwakilan organisasi Puncak Ngahiji, sudah kami himpun dan kita serahkan ke Kemenkumham untuk dibuatkan peraturannya,” kata Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suharto kepada wartawan, Kamis.

Baca Juga: Kacau! Para Pelanggar Ganjil Genap di Puncak Mengira Bisa Kelabui Petugas

Pria yang merupakan mantan Kepala DLLAJ Kota Bogor ini menambahkan, pihaknya menunggu terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan terkait sistem ganjil genap kendaraan lalu lintas baik di Kawasan Puncak dan Sentul, Kabupaten Bogor maupun di Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Rencananya peraturan sistem ganjil genap kendaraan lalu lintas ini tidak hanya di Kabupaten Bogor, tetapi juga di kota atau kabupaten sekitarnya hingga tercipta efektifitas dalam mengurai kemacetan lalu lintas," tambahnya.

Sebelumnya, operasi ganjil genap bagi kendaraan yang menuju Kawasan Puncak dan Sentul, Kabupaten Bogor dianggap berhasil menurunkan angka kemacetan lalu lintas kendaraan hingga ke angka 40 persen.

Baca Juga: Kemenhub Terima Masukan Puncak Ngahiji, Terkait Kebijakan Ganjil Genap di Kawasan Puncak

Hasil evaluasi pada uji coba kedua pada minggu ini, akan diserahkan Sat Lantas Polres Bogor dan Pemkab Bogor ke Direktorat Jendral Perhubungam Darat Kementerian Perhubungan, untuk selanjutnya menjadi bahan pikiran dalam pembuatan Peraturan Menteri Perhubungan.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X