• Kamis, 28 Oktober 2021

Penataan PKL Pasar Kebon Kembang, Pemkot Bogor Buru Oknum yang Mengatasnamakan Pemerintah

- Kamis, 16 September 2021 | 16:25 WIB

INILAHKORAN, Bogor - Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogor Alma Wiranta menegaskan terkait mekanisme penertiban pedagang kaki lima (PKL) Perumda Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) sesuai dengan kewenanganya.

Dia menyebutkan, Perumda PPJ menjalankan tugasnya yang tercantum dalam Perda Kota Bogor Nomor 18/2019. Pengelola pasar itu menertibkan PKL di pelataran gedung Blok B2 Pasar Kebon Kembang yang telah diatur dalam Perda Kota Bogor Nomor 1 tahun 2021 tentang Ketertiban Umum, Ketentraman dan Pelindungan Masyarakat.

"Dalam tata kelola pemerintahan yang baik di Kota Bogor, segala aspirasi yang terbangun melalui komunikasi antara masyarakat dan pemerintah selalu menjadi perhatian penting. Termasuk, terkait adanya polemik penataan PKL yang terletak dipelataran gedung Blok B2 Pasar Kebon Kembang," kata Alma kepada wartawan, Kamis 16 September 2021.

Baca Juga: Ade Yasin Tahu Persis Solusi Kemacetan Puncak, Bukan Gage, One Way, 4 In 1, Lalu Apa?

Alma menjelaskan, analisis terkait persoalan usaha memang tidak mudah, namun apa yang telah sampai ke Komisi 1 DPRD Kota Bogor melalui audensi dari ketua IKPPI beserta jajaran, menjadi catatan Pemkot Bogor dan segera akan disikapi. Terutama terkait adanya oknum yang mengatasnamakan pemerintah untuk memanipulasi PKL agar terus melanggar aturan.

"Bukti-bukti akan kami kumpulkan terhadap oknum yang membuat kegaduhan tersebut dan dianalisis melalui prosedur penyelidikan pelanggaran Perda Kota Bogor," jelasnya.

Sebelumnya, PKL Blok B2 Pasar Kebon Kembang menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes terhadap rencana relokasi yang akan dilakukan Perumda PPJ, Selasa 14 September 2021. Aksi yang awalnya digelar di Balai Kota itu berpindah ke Gedung DPRD Kota Bogor dengan tujuan massa aksi ingin menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyatnya.

Baca Juga: Puncak Ngahiji Tolak Wacana Penerapan 4 in 1 di Kawasan Puncak, Kenapa?

Sebanyak 20 orang perwakilan dari PKL dan Badan Advokasi Marhaen (BAM) GMNI Kota Bogor diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor Anita Primasari Monga, Sekretaris Komisi I Atty Soemadikarya serta anggota komisi I Dody Hikmawan dan Mardiyanto.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Glow Buka Kembali? Bima Arya: Tak Ada, Belum Buka!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:59 WIB
X