• Kamis, 28 Oktober 2021

Luthfie Syam Bangun Lembah Pinus Camping di Ketinggian 1030 Mdpl, Lebih Dingin dari Puncak

- Kamis, 16 September 2021 | 17:29 WIB
Lembah Pinus Camping, di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur. (Reza Zurifwan)
Lembah Pinus Camping, di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Sukamakmur- Tren wisata camping di pegunungan semakin marak di Kabupaten Bogor. Sampai-sampai Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPKAD) Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam membuka Lembah Pinus Camping, di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur.

Di sebuah lembah atau punggung Gunung Pasir Ipis dengan luas 1 hektare, di dekat Curug Cipamingkis dan Curug Ciherang. Para wisatawan pun dimanjakan pemandangan yang indah dan udara yang dingin hinggga minus 14 derajat kalau dini hari karena ketinggian Lembah Pinus berada di 1030 mdpl dan itu jauh tinggi dari Gunung Mas, Puncak, Cisarua yang hanya 870 mdpl.

Baca Juga: Duh, Bangunan SD Dekat Istana Bogor Ambruk

Untuk bercamping ria di Lembah Pinus, wisatawan hanya cukup membawa pakaian salin dan membayar Rp 50 ribu perorang permalam. Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke Curug Lembah Pinus yang masih 'perawan'.

"Bagi wisatawan yang ingin camping dan menikmati suasana hutan di lembah Gunung Pasir Ipis, biaya penyewaan tendanya cukup bayar Rp 50 ribu perorang permalam, kalau ingin menggunakan jasa pemandu untuk mandi di Curug Lembah Pinus, dikenakan biaya Rp 10 ribu perorang pertrip," ucap TB Luthfie kepada wartawan, Kamis, (16/09/2021).

Selain mandi atau berenang di Curug Lembah Pinus, wisatawan juga bisa gratis berenang di kolam renang dekat lokasi pemasangan tenda, dimana sumber airnya langsung dari mata air pegunungan.

"Kolam renangnya sangat aman untuk anak-anak karena tingginya hanya 30 meter, airnya tanpa kaporit karena airnya terus mengalir dari sumber air Gunung Pasir Ipis," sambungnya.

Baca Juga: Aturan Ganjil-genap Puncak Tinggal Nunggu Finalisasi Kemenkumham, Seperti Apa?

Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini menjelaskan pihaknya menyediakan 34 buah tenda dengan berbagai ukuran, total jumlah wisatawan yang bisa 'ditampung' sebanyak 140 orang.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Glow Buka Kembali? Bima Arya: Tak Ada, Belum Buka!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:59 WIB
X