• Kamis, 28 Oktober 2021

Maksud Hati Tangani Pasien Gorila, Dokter Ini Malah Mau Digugat 'Nabi Terakhir'

- Senin, 20 September 2021 | 12:44 WIB
MRF (18) seorang pelajar asal Bandung diciduk lantaran memproduksi tembakau gorila.
MRF (18) seorang pelajar asal Bandung diciduk lantaran memproduksi tembakau gorila.

INILAHKORAN, Bogor – Pengaruh tembakau sintetis alias gorila terhadap pemakainya luar biasa buruk. Ada yang mengaku jadi nabi terakhir segala.

Aprilia Lewanna pun berbagi kisah. Dokter yang kerap merehabilitasi penyalah guna gorila di Badan Nasional Narkotika Kabupaten Bogor itu memberikan contoh yang ekstrem.

Tahun lalu, dari tiga orang pasiennya yang merupakan pecandu gorila, semuanya menjadi orang dengan gangguan jiwa. Semuanya sempat dirawat di Rumah Sakit Marzuki Mahdi, Kota Bogor. Rumah sakit tersebut merawat orang-orang yang mengalami gangguan jiwa.

“Salah seorang di antaranya bahkan mengaku sebagai nabi terakhir,” kata Aprilia kepada wartawan di Bogor, Senin.

Baca Juga: Tiga Pasien Gorila Dokter Aprilia Semua Berujung Alami Gangguan Jiwa

Pengguna yang dalam halusinasinya mengaku sebagai nabi terakhir itu bahkan sempat mengancam akan menggugat Aprilia Lewanna. “Pakai pasal perbuatan tidak menyenangkan,” katanya.

Ibu dua orang anak ini menerangkan selain tembakau sintetis atau gorila, tramadol, excimer, triazolam, happy five dan LC juga termasuk zat psikotrapika.

“Tembakau sintetis, happy five dan LSD itu membuat penyalahgunanya hilang kesadaran, lalu syarafnya terganggu. Bahkan  penyalah guna tembakau sintetis atau gorila, cukup tiga kali 'memakai', maka tak lama kemudian ia menjadi ODGJ,” terangnya.

Aprilia menuturkan, wajar saja penyalah guna tembakau sintetis yang punya banyak merk seperti gorila hanoman, citrus dan jeruk  cepat menjadi ODGJ. Sebab, dibuatnya dengan menyemprotkan obat anti nyamuk, obat yang mengandung zat psikotrapika dan zat kimia lainnya.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Glow Buka Kembali? Bima Arya: Tak Ada, Belum Buka!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:59 WIB
X