• Minggu, 24 Oktober 2021

Kasus Penipuan dan Penggelapan Meningkat di Masa Pandemi, Ini Imbauan Polisi

- Selasa, 21 September 2021 | 17:39 WIB
Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Dhoni Erwanto. (INILAHKORAN/Rizki Mauludi)
Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Dhoni Erwanto. (INILAHKORAN/Rizki Mauludi)

INILAHKORAN, Bogor - Angka kejahatan penipuan di masa pandemi Covid-19 Kota Bogor semakin meningkat, per bulan bisa mencapai 50 persen lebih dari kasus kejahatan lainnya.

Untuk itu Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Dhoni Erwanto meminta agar masyarakat berhati-hati dengan penipuan investasi maupun jual beli dimasa pandemi Covid-19.

"Ya mungkin untuk saat ini angka tindak pidana, kebanyakan yang meningkat adalah penipuan dan penggelapan. Kemudian kalau dilihat kriminalitas terkait curas, curat dan curanmor aga sedikit menurun. Tetapi memang untuk saat ini, masalah kasus penipuan dan penggelapan masih mendominasi," ungkap Dhoni kepada INILAH pada Selasa (21/9/2021) siang.

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bogor Apresiasi Pemusnahan Barang Bukti Tindak Kejahatan, Bisa Jadi Pengingat untuk Masyarakat

Dhoni melanjutkan, kalau dilihat angkanya dalam satu bulan, hampir mencapai sekitar 40 persen hingga 50 persen lebih daripada kasus lainnya. Modusnya bervariasi, rata-rata mereka ada yang tergiur dengan investasi kemudian ada juga yang namanya jual beli online.

"Kemudian ada juga yang menanam investasi tapi kemudian tidak terlaksana. Untuk Kota Bogor, itu saja," tambahnya.

Dhoni melanjutkan, angka kerugian dari korban, bervariasi dari mulai ada yang jutaan sampai ratusan juta. Tetapi yang paling banyak adalah di bawah ratusan juta, karena mereka sebagai korban tergiur dengan keuntungan yang banyak. Kalau kelasnya menengah ke atas ratusan juta.

Baca Juga: Jangan Kecolongan! Ini Ciri-ciri dan Modus Penipuan Akun Palsu Pejabat Kota Bandung

"Tetapi kasus yang kami terima atau dilaporkan ke kami rata-rata di bawah seratus juta," tuturnya.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JQR Gelar Bakti Sosial Bersama Eiger di Megamendung

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Pengedar Sabu Asal Cina Diciduk Polres Bogor

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:52 WIB
X