• Minggu, 17 Oktober 2021

Soal Kasus Ricky Gerung, Sentul City Diminta Tak Asal Main Somasi dan Gusur

- Rabu, 22 September 2021 | 16:47 WIB
Kabid Pertanahan DPKPP Kab Bogor Eko Mujiarto dan Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto. (Reza Zurifwan)
Kabid Pertanahan DPKPP Kab Bogor Eko Mujiarto dan Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Babakan Madang-Pemkab Bogor dan Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor meminta PT Sentul City Tbk untuk melakukan musyawarah dan mufakat ketimbang somasi dan membuldoser lahan ataupun bangunan, baik itu milik Rocky Gerung maupun masyarakat lainnya di Desa Bojong Koneng.

Pemkab dan Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor juga meminta tak ada lagi kisruh dalam perihal sengketa kepemilikan ini, mereka ingin suasana di Bumi Tegar Beriman berjalan kondusif.

"Untuk permasalahan sengketa lahan di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, kami bersama Pemkab Bogor meminta PT. Sentul City Tbk tidak main asal somasi dan menggusur, tetapi mengedepankan musyawarah mufakat baik dengan masyarakat yang menguasai lahan maupun dengan pemerintah daerah," kata Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto kepada wartawan, Rabu 22 September 2021.

Baca Juga: Cantik-cantik Kok Jadi Begal, Remaja Putri Bogor Diamankan Polisi

Untuk klaim kepemilikan surat hak guna usaha (HGU) ataupun hak guna bangunan (HGB), Pemkab Bogor dan Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor akan duduk bersama dengan para pihak yang bersengketa.

"Kami juga berencana akan duduk bersama dengan para pihak yang bersengketa, untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan ini," sambungnya.

Sepyo menjelaskan dengan surat HGB, sang pemilik surat tersebut bisa mendirikan bangunan di lahan milik negara hingga selama 20 tahun, setelah itu bisa diperpanjang atau tidak diperpanjang atau kembali dimiliki negara.

"Kisruhnya permasalahan sengketa lahan ini karena yang memegang surat HGB dan yang menguasai lahan adalah pihak yang berbeda," jelas Sepyo.

Baca Juga: Partai Golkar Targetkan Raih Suara Terbanyak di Jawa Barat

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X