• Selasa, 26 Oktober 2021

Polresta Bogor Kota Launching Kampung Tangguh Anti Narkoba

- Jumat, 24 September 2021 | 15:51 WIB
Kapolresta Bogor Kota meresmikan kampung tangguh anti narkoba RW 01 di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (24/9/2021)  (Rizki Mauludi)
Kapolresta Bogor Kota meresmikan kampung tangguh anti narkoba RW 01 di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (24/9/2021) (Rizki Mauludi)
 
INILAH, Bogor - Kapolresta Bogor Kota meresmikan kampung tangguh anti narkoba RW 01 di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (24/9/2021) siang.
 
Diketahui, kampung yang dibentuk sejak awal September 2021 ini bertujuan untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan masyarakat terutama di lingkungan padat penduduk.
 
Pantauan di lapangan, untuk mengkampanyekan gerakan anti narkoba pintu masuk gang dihiasi dengan berbagai lukisan mural yang memiliki pesan moral untuk tidak menggunakan narkoba. Lukisan mural tersebut digambar disepanjang tembok rumah warga di RW 01 dari ujung Gang Madrasah. Selain itu untuk memberdayakan dan meningkatkan kreatifitas para mantan pengguna dan pengedar narkoba dibentuk sebuah unit UMKM produksi sandal dan tas.
 
 
Hadir dalam peresmian Kampung tangguh anti narkoba ini, Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat Kombes Polisi Rudy Ahmad Sudrajat, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago, Kepala Kejari Kota Bogor Sekti Anggraini dan Anggota DPRD Kota Bogor Rizal Utami.
 
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya dan Forkompinda Kota Bogor mengapresiasi semua warga Kelurahan Cikaret yang mau turut serta menjadi pilot projek dalam rangka kampung tangguh bersinar atau bersih dari narkoba.
 
 
"Semoga pencanangan ini menjadi inspirasi bagi semua warga Kota Bogor dalam ikhtiar kita untuk menjaga, melindungi warga dari terpapar narkoba. Inilah saatnya untuk kita semuanya warga Kota Bogor untuk bangkit, untuk berlari melawan narkoba," ungkapnya usai acara.
 
Susatyo melanjutkan, dirinya meminta agar masyarakat berani mencegah agar jangan sampai Kota Bogor dijadikan sebagai area untuk tempat orang bertransaksi, orang menggunakan narkoba.
 
"Sehingga kami berharap agar melalui launching ini, semua warga Kota Bogor bisa produktif tanpa narkoba, dan juga disaksikan bahwa seni mural juga bisa membawa sisi positif, memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat sehingga ketika masuk ke kampung ini aura kita semuanya bahwa kampung ini adalah dewan dari masyarakat," tuturnya.
 
 
Dilokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyampaikan, rasa terimakasihnya kepada Polda Jawa Barat dan Polresta Bogor Kota yang telah mendukung jajaran Forkompinda dalam rangka mencegah peredaran narkona dengan membentuk kampun tangguh bersinar.
 
"Mudah-mudahan langkah-langkah ini juga bisa dilaksanakan ditempat yang lain, di kelurahan yang lain menginspirasi kelurahan kelurahan yang lain untuk juga menjadikan wilayahnya kampungnya tangguh bersinar," terangnya.
 
Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota Kompol Agus Susanto mengatakan, langkah-langkah yang telah dilaksanakan dalam pembentukan Kampung tangguh bersinar yaitu dimulai dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba terhadap warga pemuda-pemudi serta para orangtua.
 
 
"Selanjutnya kemudian dibuat gapura sebagai simbol kampung tangguh bersinar, kemudian pembuatan gambar atau lukisan mural yang berisikan himbauan tentang bahaya narkoba disepanjang lebih dari 100 meter ditembok kiri dan kanan Gang Madrasah Kelurahan Cikaret," paparnya.
 
"Kami juga memberikan pelatihan kepada Resident atau mantan pengguna narkoba untuk mengikuti pelatihan pembuatan tas dan sepatu di Home Industri milik haji Ramli yang ada di Rw.01 Kelurahan Cikaret,"  pungkasnya. (rizki mauludi)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JQR Gelar Bakti Sosial Bersama Eiger di Megamendung

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:00 WIB
X