• Minggu, 24 Oktober 2021

Siap Produksi Pengusaha Muda, HIPMI Dispora Academy Digelar Dengan Konsep Berbeda

- Minggu, 26 September 2021 | 12:00 WIB
HIPMI Dispora Academy Batch 3. (Rizki Mauludi)
HIPMI Dispora Academy Batch 3. (Rizki Mauludi)
 
INILAH, Bogor - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kembali menggelar pelatihan bagi pengusaha muda dengan nama HIPMI Dispora Academy Batch 3.
 
Kali ini pelatihan diikuti 50 peserta dan digelar secara offline di Mal Boxies 123, jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur pada Sabtu 26 September 2021.
 
Diketahui, hadir dalam acara juga lulusan HIPMI Dispora Academy lulusan Batch 1 dan 2 yang telah merintis usaha kecil-kecilan. Kebanyakan para alumni batch 1 dan 2 ini membuka usaha kuliner, tetapi ada juga yang memproduksi aksesoris untuk hewan peliharaan.
 
 
Kepala Dispora Kota Bogor Herry Karnadi mengatakan, HIPMI Dispora Academy Batch 3 ini memiliki banyak peminat, karena di batch 3 ini dilaksanakan secara offline untuk peserta dibatasi sebanyak 50 orang.
 
"HIPMI Dispora Academy ini pesertanya sudah ada yg sukses jadi pengusaha, makanya peminatnya banyak. yang pertama pesertanya ada 100 orang yang daftar sampai 300 orang, kedua juga sama, ketiga juga banyak peminatnya tapi kami batasi sampai 50 orang karena offline," ungkap Herry kepada wartawan usai acara pada Sabtu (25/9/2021) sore
 
Herry menegaskan, bahwa HIPMI Dispora Academy ini akan terus berlanjut, sebab kegiatan ini wujud kolaborasi HIPMI dan Diapora Kota Bogor tanpa bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor.
 
"Nanti tahun depan kami akan buat tapi tidak seperti ini fotmatnya, kami akan bikin format yang berbeda. Tapi tetap melibatkan HIPMI, hanya tidak dalam bentuk academy supaya ada tahapannya untuk pengusaha muda," terang mantan Kasat Pol PP Kota Bogor ini.
 
Sementara itu, Ketua HIPMI Dispora Academy, Muhammad Al Farissy mengungkapkan, yang membedakan HIMPI Dispora Academy Batch 3 ini adalah selain diberi materi pembekalan bisnis dengan sembilan kali pertemuan juga diberi materi praktek.
 
 
"Mereka (peserta) langsung pratek dan langsung kita bimbing bagaimana cara membuat produk dan membuat jasa sekaligus dijual kepada masyarakat," ungkap Al Farissy
 
Ia menjelaskan, diakhir nanti peserta akan di pitching oleh investor. Jika hasil praktek peserta bagus nanti investor akan membidik mereka untuk dibina lebih lanjut.
 
"Yang membedakan academy batch 3 dan sebelumnya adalah batch 3 ada prakteknya dan investornya, nanti ada 9 kali pertemuan ada 9 materi kuliah bisnis dan ada investor yang kita siapkan untuk mereka," jelas pria yang akrab disapa Faris.
 
Faris menuturkan, dimateri kedua peserta akan dibekali materi ide bisnis, peserta mempunyai ide bisnis apa yang kira-kira bisa di realisasikan. Pihaknya akan membimbing, dari ide bisnis itu langsung dibuat planing dan langsung dibuat produk dan jasanya
 
"Karena target kami kan pemuda yang ingin usaha dan bagaiaman cara memulainya, nanti disitu kami bimbing, dari sini kita kasih pengalaman jangan sampai usaha mereka gagal. Outpun dari batch 3 ini kami berharap apara peserta 90 persen bisa membuat ide bisnis dan dari ide bisnis itu mereka bisa membuat produk dan jasanya, lalu bisa menjual sehingga bisa berkembang," terangnya.
 
 
Ditempat yang sama, Genderal Managar (GM) Mal Boxies Hadi Wijaya menambahkan, pihak Boxies hanya memberikan fasilitas saja, sebab dirinya berkomintmen akan mensuport kegiatan yang akan memajukan Kota Bogor.
 
"Kita sering berkolaborasi dengan HIPMI dan Dispora. Untuk UMKM sendiri kami sudah siapkan satu unit untuk berjualan di Mal Boxies," singkatnya.
 
Dalam acara pemateri pertama, Wakil Ketua Umum HPMI Kota Bogor Marwan Suherwan membeberkan tentang motivasi pemuda pemudi untuk menjadi pengusaha. 
 
"Sukses diusia muda itu mustahil tercapai tanpa adanya usaha, kerja keras dan keberanian diri untuk mencoba," pungkasnya.***(Rizki Mauludi)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

JQR Gelar Bakti Sosial Bersama Eiger di Megamendung

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Pengedar Sabu Asal Cina Diciduk Polres Bogor

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:52 WIB
X