• Sabtu, 27 November 2021

Ridwan Kamil Masuk Tiga Besar Capres 2024, Pengamat: Masyarakat Rindukan Tokoh Jabar jadi Figur Nasional

- Senin, 11 Oktober 2021 | 16:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil masuk tiga besar hasil survei Capres 2024. (rizki mauludi)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil masuk tiga besar hasil survei Capres 2024. (rizki mauludi)

INILAHKORAN, Bogor - Gubernur Jabar Ridwan Kamil masuk tiga besar hasil survei calon presiden (Capres) 2024. Menurut pengamat, Ridwan Kamil bisa berada di papan atas survei itu karena masyarakat merindukan tokoh Jabar yang bisa menjadi figur nasional.

Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research merilis, Ridwan Kamil kini berada dalam posisi tiga besar tokoh nasional yang berpeluang kuat dalam bursa Capres 2024. Gubernur Jabar itu meraup skor elektabilitas 13,8 persen. Meninggalkan tokoh lainnya, seperti Anies Baswedan yang mendulang 7,5 persen, Sandiaga Uno 6,9 persen, dan AHY 6,4 persen. Sementara, Khofifah Indar Parawansa dan Puan Maharani mengumpulkan 1,7 persen dan 1,5 persen.

Baca Juga: Survei Capres 2024: Ridwan Kamil Masuk Tiga Besar Diatas Anies dan Sandiaga Uno

Peneliti indEX Research Hendri Kurniawan membeberkan, survei tersebut melibatkan 1.200 responden dengan rentang waktu 21-30 September 2021. Margin of error diakuinya kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Kang Emil bersaing ketat dengan Prabowo dan Ganjar Pranowo," ungkap Hendri saat menggelar konferensi pers di Jalan Pemuda No 27 Bogor, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Survei Polmatrix: Elektabilitas Ganjar Pranowo untuk Capres Menguat

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menuturkan hasil survei itu membuat bangga warga Jabar karena pemimpin daerahnya mendapat respons sangat baik dari responden Nusantara.

"Tentu saja warga Jawa Barat bangga, Kang Emil masuk tiga besar capres potensial 2024. Masyarakat merindukan ada tokoh Jawa Barat yang bisa menjadi figur nasional," ungkap Firman.

Baca Juga: Capres Milenial, Bukan Lu Lagi Lu Lagi

Firman melanjutkan, apalagi, saat ini rakyat Indonesia membutuhkan figur alternatif dari kalangan muda, yang menunjukkan kinerja nyata, sehingga mampu memimpin lebih baik ke depan.

"Saya pikir, Kang Emil merepresentasikan itu," tegasnya.***(rizki mauludi)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh...13 Kios IPB Dramaga Hangus Dilalap Api

Senin, 22 November 2021 | 10:50 WIB
X