• Minggu, 17 Oktober 2021

Karena Alasan ini, Kanstin Pedestrian Kandang Roda-Sentul Diganti Tipenya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:00 WIB
Kanstin tipe L di proyek pembangunan pedestrian Jalan Kandang Roda-Sentul, diganti menjadi tipe BBM (Reza Zurifwan)
Kanstin tipe L di proyek pembangunan pedestrian Jalan Kandang Roda-Sentul, diganti menjadi tipe BBM (Reza Zurifwan)
 
INILAHKORAN, Cibinong-Kanstin tipe L di proyek pembangunan pedestrian Jalan Kandang Roda-Sentul, diganti menjadi tipe BBM. Detail engineering design (DED) proyek senilai Rp 94,6 miliar tersebut contract change order (CCO) atau direvisi perencanaan awal oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor.
 
Alasan penggantian kanstin tersebut, karena faktor terjaminnya kualitas pekerjaan dan kecocokan dengam tipe Jalan Kandang Roda-Sentul yang teemasuk jalan protokol yang banyak dilewati oleh kendaraan berat, dimana di sekitar lokasi ada kawasan industri.
 
"Jalan Kandang Roda-Sentul ini kan jalan protokol dan banyak dilalui oleh kendaraan berat, jikalau kita tetap menggunakan kanstin tipe L, maka bisa segera rusak dalam hitungan bulan. Karena alasan lebih tahan lama, kami pun mengganti kanstin tersebut menjadi tipe BBM," ucap owner atau pemilik penyedia jasa PT. Hutomo Sepuluh Sebelas Naryo, Rabu, (13/10/2021).
 
 
Pria asli Blitar, Jawa Timur ini mengaku tidak memikirkan adanya kerugian, karena harus menyediakan dua tipe kanstin untuk proyek yang termasuk dalam program Cibinong City A Beautiful.
 
"Kami sebelumnya memasang kanstin tipe L karena sesuai DED, lalu karena kanstin tersebut tidak tahan lama karena biasanya hanya di pakai di area perumahan dan demi penyesuaian dengan fungsi Jalan Kandang Roda-Sentul, kami pun sepakat untuk menggantinya ke tipe BBM. Dari segi perawatan selama 6 bulan setelah pembangunannya tuntas, itu juga lebih aman bagi kami hingga kami tidak merasa rugi jikalau kanstim tersebut diganti ke spesifikasi yang lebih baik kualitasnya," sambungnya.
 
Naryo menuturkan dalam pelaksanaan revisi perencanaan awal dan pergantian kanstin tersebut yang dimulai hari ini pun didampingi oleh Seksi Datun Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, agar tidak terjadi permasalahan hukum di kemudian hari.
 
 
Pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek pembangunan pedestrian Jalan Kandang Roda-Pakansari Heru Khairudin mengaku sudah melakukan pengujian kanstin tipe BBM, sebelum menyetujui pelaksanaan CCO.
 
"Kami mengakui kanstin tipe L kurang cocok dan terjamin tahan lama jika dipasang di jalan protokol ini, hingga setelah proses uji coba dan lulus, kami pun menyetujui pelaksanaan CCO dan pergantian kanstin darI tipe L ke tipe DBM," kata Heru.
 
Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan wilayah I DPU-PR Kabupaten Bogor ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pergantian kanstin ini akan 'memakan' waktu selama 7 hari.
 
 
"Semoga pelaksanaan pergantian kanstin ini bisa selesai dalam kurun waktu selama 7 hari, karena kami ingin, proyek pembangunan pedestrian Jalan Kandang Roda-Sentul ini bisa selesai sebelum  (27/12/2021) mendatang," jelasnya. (Reza Zurifwan)
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X