• Minggu, 5 Desember 2021

Walaupun Level 3, Mas Menteri Sandiaga Siap Berikan Rekomendasi Destinasi Wisata Beroperasi, Ini Syaratnya !

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:03 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno siap memberikan rekomendasi beroperasinya destinasi wisata di Kabupaten Bogor meski saat ini masih masuk di PPKM Level 3. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. (Reza Zurifwan)
Menparekraf Sandiaga Uno siap memberikan rekomendasi beroperasinya destinasi wisata di Kabupaten Bogor meski saat ini masih masuk di PPKM Level 3. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor- Kabupaten Bogor dan wilayah Jabodetabek lainnya masih dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, hingga belum banyak objek wisata alam maupun non alam yang sudah beroperasi.

Masih belum turunnya level PPKM di Jabodetabek ke level 2 tersebut salah satunya karena masih rendahnya presentase progres vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, namun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno siap memberikan rekomendasi agar objek wisata alam maupun non alam untuk beroperasi, asalkan mereka sudah menerapkan program clean, healthy, safety and environment (CHSE).

"Kami siap memberikan rekomendasi layak beroperasi kepada objek atau destinasi wisata alam maupun non alam, asalkan mereka memenuhi syarat dan menerapkan CHSE, protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 serta seluruh karyawannya juga sudah divaksinasi Covid-19 dan juga ," kata Sandiaga kepada wartawan akhir pekan lalu.

Baca Juga: Sandiaga Uno, Bima Arya dan Lukman Sardi Bicara Soal Industri Film di AKI 2021

Dia menerangkan pengelola objek atau destinasi wisata alam maupun non alam, bisa mengurus syarat-syaratnya ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tingkat Kabupaten atau kota dan provinsi.

"Silahkan pengelola objek atau destinasi wisata alam maupun non alam mengajukan diri melalui Disbudpar setempat untuk mendapatkan sertifikat CHSE, syaratnya karyawan sudah divaksinasi Covid-19 dan dilaksanakannya Prokes Covid-19. Setiap minggu, ajuan Disbudpar di banyak daerah ini, setiap pekan selalu ada yang kami berikan rekomendasi untuk boleh beroperasi," terangnya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini menuturkan bahwa dengan mulai beroperasinya objek atau destinasi wisata alam maupun non alam, bisa memulihkan ekonomi masyarakat pelaku usaha jasa wisata.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Pangandaran Membutuhkan Penguatan Atraksi Wisata Berbasis Narasi

"Pengelola objek atau destinasi wisata alam maupun non alam tersebut, kami harapkan bisa membantu pemerintah dengan pulihnya ekonomi dan terciptanya 'lapangan' kerja. Dalam kesempatan ini, kami juga meminta kepada pengelola destinasi wisata untuk menampung pelaku usaha kreatif di lokasinya," tutur Sandiaga.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X