• Sabtu, 4 Desember 2021

Alhamdulillah... Korban Bencana Tanah Longsor di Rumpin Dapatkan Ganti Untung

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:26 WIB
Proses pembangunan kembali rumah para korban bencana tanah longsor di Kampung Ciater Desa Cipinang, Rumpin, Kabupaten Bogor. (reza zurifwan)
Proses pembangunan kembali rumah para korban bencana tanah longsor di Kampung Ciater Desa Cipinang, Rumpin, Kabupaten Bogor. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Rumpin - Warga korban bencana tanah longsor di Kampung Ciater Desa Cipinang, Rumpin, Kabupaten Bogor kini sudah tidak was-was.

Mereka bisa bangkit dan mulai melanjutkan kehidupan maupun usahanya. Sebab, tempat usaha maupun rumahnya kini sudah dibangun kembali. Semua ongkosnya ditalangi PT Batu Sampurna Makmur (BSM).

"Alhamdulillah, sejak tempat usaha saya bangun kembali dengan anggaran dari PT BSM, tidak ada lagi rasa was-was karena khawatir menjadi korban bencana tanah longsor. Saya kemarin hanya mengalami kerugian bangunan dan lahan, karena sebelum ambruk, peralatan usaha kusen saya sudah diamankan ke lokasi penampungan sementara," ucap Ferry Setiawan (50) warga Kampung Ciater RT 01 RW 09 kepada wartawan, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Relokasi Rumah Warga Terdampak Longsor Rumpin Hampir Tuntas, PT BSM Proses Merelokasi Jalan Desa Cipinang

Ayah tiga orang anak ini menambahkan bahwa dalam prosesnya, warga yang terdampak bencana tanah longsor sudah mendapatkan ganti untung. Dimana, luas lahan rata-rata dilebihkan PT BSM.

"Luas lahan maupun bangunan dilebihkan sedikit oleh pihak PT BSM. Kebetulan perusahaan tambang batu andesit tersebut memiliki lahan tak jauh dari tempat usaha saya sebelumnya. Di lahan saat ini juga sudah dipastikan aman dari potensi risiko serupa," tambahnya.

Sedangkan, Jaenal Abidin (51) pengusaha toko bangunan juga menuturkan mendapatkan ganti untung dari pihak PT BSM. Pencairan ganti untung itu juga terbilang relatif cepat.

"Proses tukar guling lahan atau relokasi berlangsung cepat, lalu PT BSM menyediakan semua bahan baku bangunan yang saya inginkan sesuai dengan spesifikasi bangunan yang lama. Alhamdulillah, luas lahan dan bangunan dilebihkan dari sebelumnya," tutur Jaenal.

Baca Juga: Longsor di Rumpin, Komisi VII DPR RI Bakal Panggil PT BSM untuk Bertanggung Jawab

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X