• Sabtu, 4 Desember 2021

Lahan Aset Pemkab Bogor di Tamansari Dikuasai Oknum, Ada yang jadi Vila hingga Vihara

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:28 WIB
Aset lahan Pemkab Bogor di Tamansari. (reza zurifwan)
Aset lahan Pemkab Bogor di Tamansari. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Tamansari - Aset Pemkab Bogor akan merapikan aset lahan seluas 100 hektare di Kecamatan Tamansari.

Saat ini, lahan di kaki Gunung Halimun Salak Endah tersebut banyak dikuasai oknum dimana di lokasi ada yang dibangun menjadi vila, rumah, vihara maupun bangunan lainnya.

"Aset lahan seluas 100 hektare di Kecamatan Tamansari tersebut tidak bisa disertifikatkan. Kini baru 10 hektare yang sudah clear and clean. Ke depan, kami akan merapikan aset lahan tersebut," ucap Ketua Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Rabu 20 Oktober 2021.

Baca Juga: DPKPP Kabupaten Bogor dan KPK Kejar Aset dari Tangan Developer Perumahan

Bupati Bogor itu menambahkan, aset lahan pemerintahan daerah tersebut menjadi daya tarik oknum karena lokasinya yang relatif bagus dan memiliki panorama yang indah.

"Aset kita sebenarnya banyak, pemandangannya juga indah-indah hingga membuat oknum-oknum masyarakat tersebut tertarik mematok kepemilikannya di lahan tersebut. Saya pribadi, tidak berani karena kalau mereka lempar tongkat kayu jadi tanaman, kalau saya yang lempar tongkat kayu maka bisa jadi ular," tambah Ade Yasin.

Sementara itu, Kabid Pertanahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Eko Mujiarto menjelaskan untuk merapikan aset pemerintah daerah di Kecamatan Tamansari, jajarannya memiliki beberapa opsi.

"Aset Pemkab Bogor ini, akan dirapikan melalui beberapa opsi hingga menjadi solusi. Opsi langkah ini akan dirumuskan baik aturan maupun lainnya oleh Tim investasi dan pemanfaatan batas GTRA Kabupaten Bogor hingga ada kepastian hukum buat semua pihak," jelas Eko.

Baca Juga: Pemkot Bogor Pulangkan Aset Negara Hingga 1,43 Juta Meter Lahan

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X