• Senin, 24 Januari 2022

Ade Yasin Tuding Jakarta Tidak Berperan Menjaga Puncak sebagai Daerah Resapan Air

- Jumat, 5 November 2021 | 17:22 WIB
 (reza zurifwan)
(reza zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin mengeluhkan kurangnya kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta dalam pengawasan Kawasan Puncak sebagai daerah resapan air.

Padahal, menurutnya kalau DKI Jakarta mengalami bencana alam banjir selalu Bogor yang disalahkan.

Untungnya, di tengah minimnya kolaborasi Pemprov DKI Jakarta, ada peran pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang membangun Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi Cipayung.

"Upaya pemerintah pusat ada dalam mencegah DKI Jakarta terkena bencana alam banjir yaitu dengan membangun dua buah bendungan di Kawasan Puncak, tetapi kalau Pemprov DKI Jakarta, itu kurang kolaborasi. Kami menyayangkan, padahal warga Kabupaten Bogor sudah 'mengorrbankan' lahan dan rumahnya untuk digantikan menjadi bendungan," kata Ade Yasin dalam talk show koraborasi dalam pengawasan kawasan Puncak dalam peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang, Jumat 5 November 2021.

Baca Juga: Kawasan Puncak Diguyur Hujan, Arus Kendaraan Wisatawan Tetap Ramai Lancar

Dia menambahkan, pada 2021 ini rencananya Pemkab Bogor mendapatkan bantuan keuangan sebesar Rp19 miliar dari Pemprov DKI Jakarta untuk mencegah bencana alam banjir di DKI Jakarta, dengan mengeruk sampah di Sungai Ciliwung maupun Kali Baru.

Ade Yasin menuturkan, secara tata ruang dirinya mengeluhkan adanya pemanfaatan lahan hak guna usaha (HGU) yang tidak sesuai peruntukannya, dimana di lokasi dibangun vila, hotel, restoran dan lainnya.

"Satpol PP Kabupaten Bogor waktu Tahun 2015 lalu pernah menertibkan vila dan bangunan liar lainnya, namun malah Kepala Satpol PP di periksa oleh aparat hukum. Selain itu alih fungsi lahan HGU juga melibatkan orang-orang besar, berpangkat atau saya menyebutnya kaum bangsawan hingga menjadi kendala," tutur Ade Yasin.

Baca Juga: Kredit Fiktif BRI, Kejari Kabupaten Bogor Kembali Tangkap 2 Orang Tersangka

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inne Calon Tunggal Muscab DPC IWAPI Kabupaten Bogor

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:51 WIB
X