Libur Nataru, Pemkab Bogor Tidak Berlakukan Tes PCR karena Ketiadaan Anggaran

Pada masa libur Nataru tahun ini, Pemkab Bogor masih berada di PPKM level 3. Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan penegakan aturan.

Libur Nataru, Pemkab Bogor Tidak Berlakukan Tes PCR karena Ketiadaan Anggaran
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, tes PCR di libur Nataru ini tidak akan diberlakukan.

 

INILAHKORAN, Bogor - Pada masa libur Nataru tahun ini, Pemkab Bogor menetapkan daerahnya masih berada di PPKM level 3.

"Karena kita masih di level 3, kita hanya memaksimalkan penegakan aturannya," kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kamis 18 November 2021.

Menurutnya, wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Bogor hanya diharuskan menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Covid-19 Diprediksi 'Meledak' Saat Nataru, Pemerintah Siapkan Beberapa Skenario, Tempa Wisata Ditutup?

"Wisatawan hanya kami minta menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. Kalau tes PCR di Libur Nataru itu tidak kami berlakukan karena Pemkab Bogor. Kita tidak ada anggaran kalau harus melaksanakannya," ujar Iwan Setiawan.

Untuk itu, kepada pengelola hotel dan objek wisata, Iwan meminta mereka harus menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan sertifikasi clean, healthy, safety and environment (CHSE).

"Objek wisata alam yang diperbolehkan buka hanya yang memenuhi CHSE. Hotel-hotel juga saya rasa sudah menerapkannya hingga sudah pasti memenuhi protokol kesehatan Covid-19," pinta Iwan Setiawan.

Baca Juga: Soal Potensi Lonjakan Wisatawan Saat Nataru, Begini Siasat Pemkab Bogor

Iwan Setiawan melanjutkan, untuk menghindari kerumunan massa pihaknya bersama Polres Bogor dibantu Kodim 0621 Kabupaten Bogor masih akan memberlakukan program ganjil genap (Gage).

"Aturan Gage walau pun belum ada peraturan Kementerian Perhubungan akan tetap kami laksanakan, baik itu di akhir pekan maupun hari libur," lanjutnya.***(reza zurifwan)


Editor : inilahkoran