• Selasa, 17 Mei 2022

Target Vaksinasi Lansia Tercapai, Ade Yasin Ingin PPKM di Kabupaten Bogor ke Level 2

- Minggu, 21 November 2021 | 11:15 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin (kedua dari kiri) saat memantau proses vaksinasi para lansia di Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)
Bupati Bogor Ade Yasin (kedua dari kiri) saat memantau proses vaksinasi para lansia di Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)
INILAHKORAN, Bogor- Bupati Bogor Ade Yasin berharap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayahnya turun ke level dua setelah target vaksinasi lansia tuntas.
 
Hal itu disampaikan Ade Yasin saat memberi pengarahan dalam Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi bersama Satgas Penanganan Covid-19, Camat, Sekretaris Camat, Kepala Puskesmas, Lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor, baru-baru ini.
 
Ade Yasin mengungkapkan percepatan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, menunjukkan hasil yang baik. Salah satunya peningkatan capaian vaksinasi masyarakat Lanjut Usia (Lansia). 
 
 
Berdasarkan data per 19 November 2021 capaian vaksinasi Covid-19 para Lansia untuk dosis pertama sudah di angka 43,35%.
 
Ade Yasin menjelaskan target dari pemerintah pusat, Kabupaten Bogor melaksanakan vaksinasi 4.225.790 orang atau 8.451.580 dosis sampai dengan Desember 2021. 
 
 
"Dari total penduduk 5,5 juta jiwa, realisasi atau capaian vaksin per 19 November 2021 dosis pertama sebanyak 2.671.983 atau setara 63,23 %, dosis kedua sebanyak 1.910.242 atau setara 45,20 %, dosis ketiga untuk Nakes sebanyak 15.058 atau setara 114,57%, total tercapai 4.597.283 atau setara 54,40%. Target sasaran Bulan Desember sebesar 70%. Untuk itu masih dibutuhkan sekitar 7,73% untuk mencapai target tersebut," jelas Ade Yasin kepada wartawan, Minggu, 12 November 2021.
 
 
Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu pun mengajak kepada Kepala Desa, Lurah, Forkopimcam, Kepala Puskesmas, untuk bersama-sama bahu-membahu menyelesaikan tugas negara ini.
 
"Segera lakukan inventarisasi data warga yang sudah atau belum divaksinasi Covid-19 pada level terkecil, yakni di tingkat RT dan RW, baik dosis 1 maupun dosis 2,” sambungnya.
 
Saat ini, lanjut Ade Yasin, Kabupaten Bogor masih pada PPKM level 3, berdasarkan hasil capaian vaksinasi Lansia pada hari ini sudah mencapai 43,35%, mudah-mudahan Kabupaten Bogor turun pada PPKM level 2.
 
 
"Sebagaimana diketahui syarat untuk berada di PPKM level 2 capaian vaksinasi harus mencapai 50% secara umum, dan capaian vaksinasi Lansia minimal mencapai 40%. Walaupun demikian harus terus mensosialisasikan kepada Lansia bahwa vaksin itu aman dan halal karena banyak Lansia yang masih takut terjadi apa-apa ketika divaksin," lanjut Ade Yasin.
 
Politisi PPP ini menambahkan jajarannya akan terus melakukan 'door to door', bahkan vaksinasi malam juga  dilakukan oleh Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.
 
"Pokoknya dengan segala cara kita lakukan percepatan vaksinasi Covid-19 ini," tambahnya.
 
 
 
Sementara itu, dalam kunjungannya ke acara vaksinasi Covid-19 ke Pondok pesantren Daarur Rasul Nanggewer Kecamatan Cibinong, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana bahwa ia ngin memastikan bahwa kegiatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bogor ini tetap berjalan.
 
"Alhamdulillah Kabupaten ini sudah masuk ke level 3. Dan proses vaksinasi sudah memasuki di angka 58%. Saya pun berharap kegiatan vaksinasi  Covid-19 ini bisa terus berjalan hingga di akhir Bulan November ini kita bisa mencapai angka 60% dan menjelang akhir tahun di bulan Desember nanti bisa mencapai angka 70%," kata Irjen Suntana.
 
Mantan Kapolres Bogor ini pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut untuk di vaksin, Karena vaksin Covid-19 ini aman dan halal.
 
 
Bagi yang sudah divaksinasi Covid-19 pun tetap harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan menggunakan masker menjaga jarak dan menghindari kerumunan.*** (Reza Zurifwan)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X