• Sabtu, 4 Desember 2021

Akademisi UI Berikan Pelatihan Perpajakan, Megamendung jadi Pilot Project

- Selasa, 23 November 2021 | 17:25 WIB
Akademisi UI memberikan pelatihan perpajakan di Desa Megamendung,Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)
Akademisi UI memberikan pelatihan perpajakan di Desa Megamendung,Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Megamendung - Departemen Ilmu Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Para akademisi selama empat hari ke depan memberikan pelatihan ilmu perpajakan kepada badan usaha milik desa (Bumdes) Megamendung, pelaku UMKM, dan Pemdes Megamendung.

"Desa Megamendung kami jadikan pilot project program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor, mereka kami berikan pelatihan ilmu perpajakan," ucap pelaksana harian dan staf dosen FIA UI Neni Susilawati kepada wartawan, Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga: Ade Yasin Paparkan Keberhasilan Kabupaten Bogor di Tengah Pandemi, Meskipun PPKM Bertahan di Level 3

Ia mengharapkan usai mengikuti pelatihan ilmu perpajakan, diharapkan penggiat Bumdes Megamendung Jaya, pelaku UMKM dan aparatur Desa Megamendung melek akan perpajakan dan ujungnya bakal ada peningkatan raihan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

"Harapan kami, ada peningkatan pengetahuan tentang ilmu perpajakan dan lalu muaranya bakal ada peningkatan raihan PAD. InsyaAllah, kedepannya kami akan bermitra dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor," harapnya.

Sedangkan, Ketua Departemen Ilmu Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia Inayati menuturkan dengan pengetahuan ilmu perpajakan, dapat menghindari aparatur desa dan lainnya dari permasalahan hukum.

Baca Juga: Berada di Lahan Pinjam Pakai, Kantor Kelurahan Pakuan Harus Segera Pindah

"Jangan sampai kita lalai dari kewajiban membayar pajak, apalagi sengaja mengemplang pajak yang bisa menjadikan kita tersangkut dalam permasalahan hukum pidana," tutur Inayati.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X