• Minggu, 23 Januari 2022

Lahan Hijau Terjaga, Pemkab Bogor Terapkan Pembangunan Rumah Susun

- Senin, 29 November 2021 | 22:15 WIB
logo inilahkoran
logo inilahkoran
INILAHKORAN, Bogor-Pemkab Bogor akan menerapkan kebijakan kewajiban pembangunan rumah susun atau vertikal, hal itu untuk mempersempit potensi beralihnya fungsi lahan hijau.
 
"Semakin sempit lahan, developer perumahan pasti akan menyisir lahan-lahan hijau hingga untuk mempersempit potensi beralihnya fungsi lahan hijau, kami akan mulai mewajibkan pembangunan rumah susun," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Ajat Rochat Jatnika kepada wartawan, Senin, (29/11/2021).
 
Ia menerangkan, di Bumi Tegar Beriman, pembangunan rumah susun baru dilakukan di Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, yang diperuntukkan kepada kaum buruh pabrik.
 
 
"Ketimbang pegawai atau buruh pabrik di Cileungsi mengontrak rumah dengan harga yang lumayan mahal, mending mereka membeli secara kredit rumah susun. Alhamdulillah, peminatnya banyak," terangnya.
 
Ajat menambahkan bahwa kebutuhan masyarakat akan rumah sebanyak kurang lebih 122.000 unit, jumlah itu diluar perhitungan jikalau masyarakat luar Kabupaten Bogor.
 
"Kebutuhan rumah di Kabupaten Bogor 122.000 unit, lalu kalau orang Jakarta, Bekasi dan lainnya mau pindah ke Kabupaten Bogor, maka kita harus menambah jumlah rumah atau hunian tersebut," tambah Ajat.
 
 
Ia melanjutkan pembangunan rumah susun, lebih ditekankan di kecamatan yang padat penduduk dan kawasan industri seperti Cibinong, Bojonggede, Sukaraja, Citeureup, Babakan Madang, Klapanunggal, Gunung Putri, Cileungsi, Parung, Kemang, Tajurhalang, Jonggol dan lainnya.
 
"Di kecamatan yang padat penduduk dan kawasan industri, rencananya akan ada pembatasan perizinan baru untuk pembangunan perumahan horisontal dan lebih menekankan pembangunan rumah vertikal atau susun," kata dia.*** (Reza Zurifwan)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inne Calon Tunggal Muscab DPC IWAPI Kabupaten Bogor

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:51 WIB
X