• Sabtu, 22 Januari 2022

Sehari 3 Kejadian, Bencana Alam di Bogor Terbanyak seIndonesia

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:52 WIB
Bencana alam di Kabupaten Bogor dalam sehari terjadi 3 kali di tahun 2021. Kabupaten Bogor jadi daerah tertinggi terjadinya bencana alam di Jabar, bahkan  Indonesia. (Reza Zufriwan)
Bencana alam di Kabupaten Bogor dalam sehari terjadi 3 kali di tahun 2021. Kabupaten Bogor jadi daerah tertinggi terjadinya bencana alam di Jabar, bahkan Indonesia. (Reza Zufriwan)

INILAHKORAN, Bogor- Meskipun jumlah bencana alam di Kabupaten Bogor tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Namun jika dibanndingkan dengan kabupaten/kota lain di Jabar, Bogor masih urutan pertama.

Jumlah kejadian bencana alam di Kabupaten Bogor pada Januari-November 2021 sebanyak  1.204 kejadian. Sementara di 2020, jumlah kejadian di Kabupaten Bogor mencapai 1.319 kejadian.

Walaupun terjadi penurunan angka kejadian Kabupaten Bogor masih di peringkat pertama di Provinsi Jawa Barat, bahkan di Indonesia.

Baca Juga: Tommy Indra Gunawan Resmi Jabat Dirops Perumda BPR Bank Kota Bogor

Peringkat kedua dan kelima daerah terbanyak kejadian bencana alam di Provinsi Jawa Barat ialah Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Bandung.

Jika dilihat perbulan, angka kerawanan bencana alam di Bumi Tegar Beriman ini terjadi pada Bulan Februari, November dan Mei, dimana telah terjadi 245, 129 dan 128 kejadian bencana alam di tiga bulan tersebut.

"Pada Tahun 2020 lalu, kejadian bencana alam terjadi di 26 kecamatan dan 128 desa, tahun ini kejadian bencana alam terjadi di 38 kecamatan dan 87 desa," ucap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo kepada wartawan beberapa hari lalu.

Baca Juga: Akhirnya Kabupaten Bogor Berstatus PPKM Level 2, Bupati Ade Yasin: Alhamdulillah

Tahun lalu, tambahnya. Peringkat teratas kejadian bencana alam ada  di Kecamatan Megamendung yaitu 87 kejadian, 72 kejadian di Kecamatan Citeureup, 67 kejadian di Kecamatan Caringin, 62 kejadian di Kecamatan Pamijahan dan 52 kejadian di Kecamatan Cijeruk.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inne Calon Tunggal Muscab DPC IWAPI Kabupaten Bogor

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:51 WIB
X