• Kamis, 7 Juli 2022

Pandawa ICT Bogor Kirimkan Relawan ke Semeru

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:05 WIB
Pandawa ICT Bogor kirimkan 10 relawan terbaiknya untuk membantu BPBD Lumajang mengevakuasi korban pascar erupsi Gunung Semeru. (Reza Zufriwan)
Pandawa ICT Bogor kirimkan 10 relawan terbaiknya untuk membantu BPBD Lumajang mengevakuasi korban pascar erupsi Gunung Semeru. (Reza Zufriwan)

INILAHKORAN, Bogor - Pandawa Islami Center Toriqussaadah (ICT) hari ini akan mengirimkan 10 orang relawan terbaiknya untuk membantu badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang pasca erupsi Gunung Semeru.

Pandawa ICT mengklaim relawan yang dikirim memiliki kemampuan rescue baik di gunung, sungai maupun laut, seperti diketahui hingga saat ini diduga ada 9 orang yang masih hilang dan dalam tahal pencarian, pasca erupsi atau letusan Gunung Semeru pada Sabtu sore pekan kemarin.

"Saya membaca berita bahwa Bupati Lumajang Thoriqul Haq membutuhkan bantuan relawan guna mengevakuasi  korban letusan Gunung Semeru. Oleh karena itu, dengan alasan kemanusiaan, Pandawa ICT mengirimkan 10 orang relawan rescue terbaiknya," kata Ketua Dewan Penasehat Pandawa ICT Hendrik kepada wartawan, Senin,  6 Desember 2021.

Baca Juga: Bak Film Horor, Begini Suasana Saat Tim Evakuasi Berusaha Cari Korban Erupsi Gunung Semeru

Ia menambahkan tim Pandawa ICT sudah sering membantu evakuasi korban seperti bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Garut maupun daerah lainnya di Provinsi Jawa Barat.

"Biasanya kami membantu mengevakuasi korban bencana alam di daerah tetangga atau yang masih dalam Provinsi Jawa Barat, hari ini dengan dana mandiri, kamu tergerak untuk membantu mengevakuasi korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur," tambahnya.

Hendrik menuturkan, 10 orang tim relawan rescue tidak hanya memiliki kemampuan rescue di gunung, sungai dan laut, tetapi jua punya kemampuan survival di hutan atau gunung.

Baca Juga: PVMBG Pastikan Status Gunung Semeru Masih Level Waspada, Ancaman Bahaya Awan Panas Masih Mengintai

"Tim relawan rescue sudah rutin kami latih kemampuannya, mereka juga sudah berlatih naik seluruh gunung di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Saya yakin akan kemampuan rescue dan survival mereka karena ini tahun ke 6 kami berdiri," tutur Hendrik.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X