• Minggu, 23 Januari 2022

Dua Karyawan PT BFI Ditangkap Polisi Bogor Terkait Pinjol Ilegal, Dua Bosnya Jadi DPO

- Selasa, 7 Desember 2021 | 16:35 WIB
Dua tersangka kasus pinjol ilegal diamankan Polres Bogor. Keduanya karyawan PT Bright Finance Indonesia (INILAH/Reza Zurifwan)
Dua tersangka kasus pinjol ilegal diamankan Polres Bogor. Keduanya karyawan PT Bright Finance Indonesia (INILAH/Reza Zurifwan)
INILAHKORAN, Bogor - Dua orang karyawan PT. Bright Finance Indonesia (BFI) berinisial SS (21) dan SW (23) yang diduga melakukan praktik pinjaman online (Pinjol) ilegal diamankan Sat Reskrim Polres Bogor.
 
Selain itu, mereka yang bertugas sebagai penagih utang atau debt collector yang  melakukan tindakan pemerasan dan menakut-nakuti pelapor juga akan dikenakan pasal Undang-undang (UU) nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi transaksi elektronik (ITE).
 
"Akibat ancaman kekerasan melalui sosial media kepada pelapor dan praktik pinjol ilegalnya,"kata Kapolres Bogor, AKBP Harun kepada wartawan di Cibinong, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Sat Reskrim Polres Bogor akhirnya mengamankan atau menangkap tersangka SS dan SW di dua tempat yang berbeda. SS diamankan di Depok, Jawa Barat, sedangkan SW di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
 
 
Mantan penyidik KPK ini menerangkan kepolisian mengenakan pasal 45 ayat (4) juncto pasal 27 ayat (4) dan pasal 45 (B) juncto pasal 29 UU nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE kepada dua orang tersangka dengan ancaman hukuman penjara maksimal 6 tahun penjara.
 
 
Selain menangkap SS dan SW, Sat Reskrim Polres Bogor tutur AKBP Harun, juga menetapkan 2 orang bos dan 1 orang HRD PT. BFI sebagai daftar pencarian orang (DPO). Mereka adalah Mr L, Mr M, dan FS.
 
 
Dalam kesempatan ini, alumni Akpol Tahun 2001 ini juga menghimbau agar korban Pinjol ilegal yang dilakukan PT. BFI dengan 55 aplikasi elektroniknya melaporkan ke Sat Reskrim Polres Bogor.
 
 
"Korban pinjol ilegal silahkan melapor ke Sat Reskrim Polres Bogor, kerahasiaan para  debitur yang menjadi korban perbuatan kejahatan para tersangka akan kami jaga," paparnya. (Reza Zurifwan) 
 
 
 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inne Calon Tunggal Muscab DPC IWAPI Kabupaten Bogor

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:51 WIB
X