Ade Yasin Ingin Menyulap Situ Cijujung dari TPS jadi Objek Wisata

Bupati Bogor Ade Yasin menggantungkan mimpi di Situ Cijujung. Dalam penerawangannya, lokasi yang kini menjadi TPS itu menjadi objek wisata.

Ade Yasin Ingin Menyulap Situ Cijujung dari TPS jadi Objek Wisata
Bupati Bogor Ade Yasin ingin menyulap Situ Cijujung dari TPS siluman menjadi objek wisata.

 

INILAHKORAN, Sukaraja - Bupati Bogor Ade Yasin menggantungkan mimpi di Situ Cijujung. Dalam penerawangannya, lokasi yang kini menjadi TPS siluman itu menjadi objek wisata.

Ade Yasin menuturkan, tempat pembuangan sampah atau TPS siluman itu lantaran Situ Cijujung itu tidak terurus. Padahal, situ di Desa Cijujung Sukaraja itu bisa dimanfaatkan pemerintahan desa melalui badan usaha milik desa (Bumdes).

"Saya minta Situ Cijujung atau situ yang tak terurus lainnya, apalagi yang dijadikan TPS untuk bisa dimanfaatkan Pemdes atau Bumdes sebagai objek wisata hingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa," kata Ade Yasin kepada wartawan, Selasa 21 Desember 2021.

Baca Juga: Dedie Wanti-wanti Kontraktor Pembangunan Situ Gede Perhatikan Kualitas Pekerjaan

Menurutnya, jika Situ Cijujung itu menjadi objek wisata maka Ade Yasin meyakini tidak akan ada sampah yang dibuang di sana. Bahkan, tidak akan ditumbuhi tanaman eceng gondok.

Untuk itu, dia berharap Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane atau Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar memperbolehkan Bumdes menjadikan Situ Cijujung sebagai objek wisata.

"Bukan hanya bermanfaat sebagai sumber pendapatan dan kebersihan, saya rasa juga ada manfaat pelestarian lingkungan, menjamin ketersediaan kebutuhan aor bersih serta keberlangsungan ekosistem kalau Situ Cijujung atau lainnya dikelola secara baik," harap Ade Yasin.

Baca Juga: Pengembangan Agrowisata Situ Rawagede Dikerjakan Keroyokan

Secara terpisah, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin menambahkan secara bertahap situ-situ yang ada di Bumi Tegar Beriman akan dinormalisasi atau direvitalisasi BBWS Ciliwung-Cisadane.

"BBWS Ciliwung-Cisadane dengan Kodam III Siliwangi secara bertahap akan melakukan normalisasi atau revitalisasi situ. Tahun ini sudah sima Situ yang sudah dinormalisasi dan beberapa situ sudah dimohon Bumdes di Kecamatan Sukamakmur dan di Kecamatan Cisarua untuk dikerjasamakan pengelolaannya. Program normalisasi situ ini diusulkan dan dianggarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," tambah Burhanudin.

Baca Juga: Pemkot Bogor Segera Realisasikan Kawasan Ekowisata Situ Gede

Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kabupaten Bogor Suryanto Putra mengakui masih ada kendala jika Bumdes berkeinginan mengelola situ.

"Kendalanya, calon pengelola harus melakukan kerja sama dulu dengan pihak BBWS Ciliwung-Cisadane atau Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar. Kalau mau progres yang cepat, maka kita butuh langkah terobosan dan kerja sama dengan kementerian terkait seperti yang dilakukan dalam pengelolaan Situ Lebak Wangi di Parung," ucap Suryanto. (Reza Zurifwan)


Editor : inilahkoran