• Selasa, 5 Juli 2022

Pembangunan Lapangan Golf Tommy Soeharto di Puncak II Bakal Terkendala Birokrasi, Ini Penjelasannya

- Selasa, 21 Desember 2021 | 21:15 WIB
Rencana Hutomo Mandala Putra atau  Tommy Soeharto yang akan membangun lapangan golf Eco Green atau New Palm Hill Golf dan komplek vila mewah  (Reza Zurifwan)
Rencana Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto yang akan membangun lapangan golf Eco Green atau New Palm Hill Golf dan komplek vila mewah (Reza Zurifwan)
 
INILAHKORAN-Rencana Hutomo Mandala Putra atau  Tommy Soeharto yang akan membangun lapangan golf Eco Green atau New Palm Hill Golf dan komplek vila mewah ditenggarai bakal terkendala birokrasi.
 
Hal itu karena sesuai Omnibus Law atau Undang-Undang (UU) Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2021, Pemkab Bogor diwajibkan menerbitkan peraturan daerah rencana detail tata ruang (RDTR).
 
Karena Kabupaten Bogor belum memiliki Perda RDTR tersebut,  maka  proses perijinan pembangunan lapangan golf dan vila mewah tersebut harus memenuhi syarat-syarat birokrasi yang lebih panjang.
 
 
"Karena Kabupaten Bogor belum memiliki Perda RDTR, maka  prosedur proses perijinan pembangunan lapangan golf dan via mewah di Kawasan Puncak II tersebut bakal lebih panjang, dimana syarat kesesuaian  kegiatan pemanfaatan  ruang (KKPR) harus melalui empat lembaga yaitu  program Online Single Submission (OSS), Kantor ATR/BPN, Tim Kordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) dan DPMPTSP," ucap Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor Dace Supriadi kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).
 
Ia menerangkan, bahwa perusahaan milik Tommy Soeharto yaitu PT. Boreco, saat ini sudah menempuh program OSS, perusahaan tersebut juga sebelumnya sudah mengantongi izin lokasi.
 
"PT. Boreco sudah memiliki izin lokasi dan menempuh prosedur program OSS, sebelum ke prosedur sebelumnya, sesuai instruksi Bupati Bogor Ade Yasin kami akan mengundang mereka untuk mengekspose rencana pembangunan mereka," terang mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) ini.
 
 
Sebelumnya, rencana PT Boreco yang akan membangun lapangan golf Eco Green atau New Palm Hill Golf dan komplek vila mewah  mendapat tanggapan dari Bupati Bogor Ade Yasin.
 
Wanita yang juga Ketua DPW PPP Jawa Barat itu berharap perusahaan milik Tommy Soeharto tersebut segera mengekspose rencana usahanya ke Pemkab Bogor.
 
"Saya akan undang PT. Boreco, pemilik maupun pimpinan perushaannya untuk mengekspose rencana mereka di Bumi Tegar Beriman ini," kata Ade Yasin.
 
 
Ade menuturkan fungsi ekpose rencana pembangunan, untuk melihat apakah akan ada kendala? Karena Kabupaten Bogor memiliki Perda lahan pangan pertanian berkelanjutan (LP2B) nomor 11 Tahun 2019. 
 
"Kalau apakah rencana pembangunan lapangan golf dan komplek vila terkendala  Perda LP2B atau tidak ? itu kita lihat posisi atau lokasinya. Dengan Perda LP2B nomor 11 Tahun 2019 tersebut, tentunya ada batasan berapa yang bisa dibangun dan kewajiban fungsi lahan pangan pertanian yang harus tetap terjaga," tuturnya.
 
Informasi yang dihimpun  Inilahkoran, ntuk tahap pertama dari total luas area 120 hektare, PT. Boreco atau Tommy Soeharto akan membangun New Palm Hill Golf di beberapa desa yang berada di Kecamatan Citeureup maupun Babakan Madang, Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Senin, 4 Juli 2022 | 21:20 WIB
X