• Senin, 23 Mei 2022

Pengamat : Besaran Gaji Ade Yasin Tak Jadi Jaminan Modal Maju di Pilkada

- Senin, 17 Januari 2022 | 19:28 WIB
Besar kecilnya gaji pokok seorang bupati tidak  jadi patookan modal untuk maju di Pilkada.   (Reza Zurifwan)
Besar kecilnya gaji pokok seorang bupati tidak jadi patookan modal untuk maju di Pilkada. (Reza Zurifwan)

 

INILAHKORAN, Bogor – Besaran gaji seorang bupati tidak jadi tolok ukur untuk maju dalam Pilkada. Begitu pula bagi Bupati Bogor Ade Yasin yang masa jabatannya akan habis pada 2023.

Jika dilihat gaji pokok, Bupati Bogor Ade Yasin memang kecil sama dengan kepala daerah lainnya. Namun selain itu, Ade Yasin juga menerima berbagai tunjangan yang nilanya mencapai puluhan juta rupiah.

Pengamat kebijakan publik  Yusfitriadi mengatakan walaupun gaji pokok Bupati Bogor Ade Yasin kecil, namun karena dari segi tunjangan dan pendapatan insentif dari pajak serta retribusi daerah terbilang tinggi se-Indonesia, hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Legislator Minta Pemprov Jabar Bantu Fasilitas Perawatan ODGJ Kota Bogor

Data dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Minggu (16/12/2012) yang lampau,  Bupati Bogor saat itu bersama 4  Bupati lainnnya masuk ke dalam 5 besar, dimana saat itu penghadsilan Bupati Bogor mencapai Rp 90 juta perbulan.

Berkaca dari besaran penghasilan itu, Yusfitriadi menilai bahwa besar penghasilan per bulan bukan menjadi ukuran modal yang sangat diperlukan Ade Yasin, ketika ingin mencalonkan kembali sebagai Bupati Bogor pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Tahun 2024.

Hal itu karena Ade Yasin memiliki keuntungan, dimana sejak Tahun 2018-2023 dirinya menjabat kembali. Hal itu  karena ia lebih populis, sudah  berkarya  dan lainnya, untuk 'mengambil' hati rakyat.

Baca Juga: Ade Yasin Paparkan Kronologis Kasus Omicron Pertama di Bpgor

"Modal Ade Yasin untuk mencalonkan kembali jadi Bupati Bogor itu bukan hanya uang, tetapi juga modal  sudah berkarya hingga dirinya lebih populis dimata rakyat dan lalu memiliki elaktibilitas tinggi," kata Yusfitriadi kepada wartawan, Senin,  17 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X