• Jumat, 27 Mei 2022

Calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat, Rumpin atau Leuwiliang?

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:29 WIB
Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat kini pilihannya Rumpin atau Leuwiliang. (Reza Zurifwan)
Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat kini pilihannya Rumpin atau Leuwiliang. (Reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Cigudeg tidak layak menjadi calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat. Kini, pilihannya ada dua yakni Rumpin dan Leuwiliang.

"Karena kondisi lahan di Cigudeg secara teknis dan kajian rawan bencana alam, maka bersama konsultan dan akademisi kita melakukan kajian lagi. Saat ini, peluang calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat antara Rumpin dan Leuwiliang," kata Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, Kamis 20 Januari 2022.

Dari segi strategis lokasi, dia menyebutkan Rumpin memiliki nilai lebih menjadi calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat. Pasalnya, Rumpin berdekatan dengan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tanggerang Selatan. Namun, penilaian tersebut belum final.

Baca Juga: Sikap Kami: Bogor Barat, Apa Kabar?

Sedangkan, dari segi ketersediaan lahan itu Leuwiliang relatif mempunyai keunggulan menjadi calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat. Sebab, di kecamatan itu tersedia lahan seluas 15 hektare.

Mengenai adanya usaha tambang dan jalur kendaraan khusus tambang di Kecamatan Rumpin yang bakal mengganggu status calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat, Burhanudin menjelaskan hal itu akan diserahkan Bupati Bogor Barat untuk menangananinya.

"Jalur kendaraan khusus tambang bisa saja akan disambungkan dengan rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol BORR (Bogor Outer Ring Road) seksi III. Namun permasalahan itu, tentunya akan kami serahkan rencana dasar tata ruangnya ke Bupati Bogor Barat terpilih," jelasnya. (Reza Zurifwan)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar HewanJonggol Lockdown, Ini Penyabnya

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:53 WIB

Bapenda Genjot Pendapatan dari PBB-P2

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:10 WIB
X