• Senin, 23 Mei 2022

Ratusan Bangunan Liar Sepanjang Bantaran Kali Baru Ciliwung Dihancurkan

- Kamis, 20 Januari 2022 | 17:55 WIB
Sebanyak ratusan bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung dihancurkan, Kamis 20 Januari 2022. (Rizki Mauludi)
Sebanyak ratusan bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung dihancurkan, Kamis 20 Januari 2022. (Rizki Mauludi)

INILAHKORAN, Bogor - Sebanyak ratusan bangunan liar yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung dihancurkan Tim Gabungan Pemkot Bogor.

Bersama Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Jabar, Pemkot Bogor menertibkan ratusan bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung yang berada Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kamis 20 Januari 2022.

Camat Bogor Timur Rena Da Frina mengatakan, ratusan bangunan liar yang dihancurkan itu total sebanyak 141 unit. Penertiban dilakukan bangunan liar itu berada di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung yang termasuk daerah aliran sungai (DAS) di atas lahan milik BPSDA Jabar.

Baca Juga: Bangunan Liar Dimiliki Pejabat, Wabup Bogor Pertanyakan Keseriusan Menteri ATR/BPN

"Sebelumnya, kami sudah sosialisasikan dan memberi surat teguran 1, 2 dan hingga ke 3 untuk mengosongkan serta membongkar bangunan tersebut secara mandiri. Jadi hari ini kami tinggal menertibkan sisa-sisa saja," kata Rena didampingi Lurah Katulampa Eka Deri.

Dia menyebutkan, penertiban bangunan ratusan bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung itu dilakukan usai pihaknya menerima surat permohonan dari BPSDA Jabar.

Pembongkaran ratusan bangunan liar yang sudah ada sejak puluhan tahun di sepanjang bantaran Kali Baru Ciliwung tersebut dilakukan mulai dari bendungan hingga ujung jalan Kali Baru Ciliwung.

Baca Juga: TNI/Polri Bakal Tertibkan Bangunan Liar di Kawasan Puncak

Lantaran berdiri di atas lahan milik BPSDA Jabar, pembersihan itu dilakukan untuk dikembalikan fungsinya menjadi jalur hijau.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X