20 Ribu Hektare Sawah di Kabupaten Bogor Dapat Asuransi Gratis

Lahan seluas 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor mendapatkan asuransi gratis. Para petani sama sekali tidak membayar premi.

20 Ribu Hektare Sawah di Kabupaten Bogor Dapat Asuransi Gratis
20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor mendapatkan asuransi gratis.

INILAHKORAN, Bogor - Lahan seluas 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor mendapatkan asuransi gratis. Para petani sama sekali tidak membayar premi asuransi sebesar Rp180 ribu per hektare.

Kepala Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Siti Nuryanti mengatakan, premi untuk 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor itu ditanggung APBN sebesar 80 persen, dan Pemkab Bogor menanggung 20 persen.

"Tahun lalu, luas sawah yang tercover asuransi hanya 5.000 hektare dan petani hanya membayar premi sebesar Rp38 ribu per hektare. Tahun ini, selain gratis luasan sawah yang tercover asuransi itu luasnya meningkat menjadi 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor," kata Nuryanti Rabu 9 Maret 2022.

Baca Juga: Rudy Susmanto Ingatkan Pentingnya Nilai Kemanusiaan dalam Penanganan Korban Bencana

Dia menerangkan, dengan diasuransikannya sawah tersebut para petani nantinya akan mendapatkan manfaat perlindungan berupa ganti rugi sebesar Rp6 juta per hektare kalau mengalami gagal panen.

"Kalau sawahnya sudah diasurasikan itu mengalami gagal panen akibat bencana alam kekeringan, serangan hama, bencana alam banjir dan terkikis derasnya air sungai itu akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp6 juta per hektare. Sedangkan, apabila sawah terdampak bencana longsor maka akan mendapatkan ganti rugi dari BPBD Kabupaten Bogor," terangnya.

Baca Juga: Hewan Ternak Sakit, Tenang Kini Ada Mobil Klinik Keliling di Kota Bogor

Nuryanti menuturkan, 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor yang masuk asuransi itu terbilang aman karena sawah yang masuk ke dalam risiko tinggi bencana alam,.

"Total luas sawah di Kabupaten Bogor ada 46 ribu hektare, yang masuk kategori risiko tinggi bencana alam, dampak perubahan iklim dan hama pengganggu tanaman jumlahnya kurang dari itu di angka belasan ribu hektare. Kuota 20 ribu hektare sawah di Kabupaten Bogor yang tercover asuransi itu terbilang aman dalam menekan dampak kerugian akibat risiko gagal panen," tuturnya. (Reza Zurifwan)


Editor : inilahkoran