Bentuk Tim Pengawas Lingkungan Hidup, Ini Tugas yang Diberikan DLH Kabupaten Bogor

DLH Kabupaten Bogor akan membentuk tim pengawas lingkungan hidup yang bertugas mengawasi pembuangan limbah serta sampah liar

Bentuk Tim Pengawas Lingkungan Hidup, Ini Tugas yang Diberikan DLH Kabupaten Bogor
Untuk mengurangi resiko pembuangan limbah maupun sampah di sungai maupun di tempat yang bukan tempatnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor akan membentuk tim pengawas lingkungan hidup.


INILAHKORAN, Bogor - Untuk mengurangi resiko pembuangan limbah maupun sampah di sungai maupun di tempat yang bukan tempatnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor akan membentuk tim pengawas lingkungan hidup.

"Kami segera akan membentuk tim pengawas lingkungan hidup, mereka akan mengawasi pembuangan limbah dan sampah liar, baik itu di lingkungan sungai atau tempat lainnya," ucap Kepala DLH Kabupaten Bogor Ade Yana Mulyana kepada wartawan, Selasa 15 Maret 2022.

Ade Yana menambahkan selain itu tim pengawas lingkungan hidup juga akan mengatasi permasalahan di hilir, di hulu atau kepengurusan izin upaya kelola lingkungan/upaya prlengelolaan lingkungan (UKL/UPL) industri, restoran dan hotel juga.

Baca Juga: Puncak Nu Urang, 20 Ribu Bibit Pahon Ditanam di Lahan Kritis

"Pengurusan izin atau rekomendasi UKL/UPL industri, restoran, hotel dan usaha lainnya akan kami perketat sesuai aturan, kami tak mau lingkungan hidup rusak karena terjadinya alih fungsi lahan hingga bisa menyebabkan bencana alam banjir, kekeringan atau bencana alam lainnya," tambah Ade Yana.

Selain akan mengandalkan tim pengawas lingkungan hidup, tutur mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) ini pun berharap masyarakat turut serta dalam kelestarian lingkungan hidup.

"Pemkab Bogor berharap, masyarakat sekitar ikut memikul tanggung jawab akan kelestarian lingkungan di wilayahnya, dengan keterlibatannya, tentunya akan membuat mereka lebih nyaman dan aman," tuturnya.

Baca Juga: Tak Hanya Bersih, Luhut Minta DAS Citarum Dibuat Menarik

Ade Yana Mulyana menjelaskan, bahwa tim pengawas lingkungan hidup ini dibentuk Pemkab Bogor karena banyaknya laporan pencemaran lingkungan dan luasnya wilayah Bumi Tegar Beriman.

"Tim pengawas lingkungan hidup akan menanggapi laporan pencemaran lingkungan yang dilaporkan oleh masyarakat, untuk penindakan pelanggaran aturan, kami akan melibatkan Satpol PP, Polisi maupun TNI," jelas Ade Yana Mulyana. (Reza Zurifwan)


Editor : inilahkoran