Komisi IV DPRD Bogor Dukung Penambahan Sekolah SMP dan SMA

Komisi IV DPRD Kota Bogor mendukung Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor untuk menambah unit sekolah tingkat SMP dan SMA

Komisi IV DPRD Bogor Dukung Penambahan Sekolah SMP dan SMA
Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Karnain Asyhar menerima pengaduan dari masyarakat perihal proses penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Bogor
 
INILAHKORAN, Bogor - Komisi IV DPRD Kota Bogor mendukung Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor untuk menambah unit sekolah tingkat SMP dan SMA, hal itu berdasarkan kebutuhan wilayah yang memang belum ada sekolah negeri tingkat SMP maupun SMA.
 
Selain itu komisi IV DPRD Kota Bogor akan mendukung perluasan sekolah terbuka, agar bisa meningkatkan taraf pendidikan di Kota Bogor. 
 
Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar mengatakan, wacana penambahan unit sekolah tingkat SMP dan SMA di Kota Bogor, sesuai dengan yang diamanatkan di perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bogor.
 
 
Beberapa skenario pembangunan unit sekolah baru sudah disiapkan oleh Disdik Kota Bogor, yaitu akan dilakukannya merger dua sekolah dasar.
 
"Hal tersebut merupakan jawaban dari minimnya anggaran untuk pengadaan lahan dan bangunan baru untuk pembangunan unit sekolah baru di Kota Bogor. Nah nanti salah satu bangunannya akan dibangun untuk sekolah baru tingkat SMP dan SMA sesuai kebutuhan di wilayahnya," ungkap Karnain kepada wartawan pada Rabu (16/3/2022).
 
Karnain melanjutkan, sedangkan untuk progres pembangunan sekolah satu atap di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, akan diselesaikan di tahun depan agar bisa digunakan di 2023. Sesuai skenario perencanaan ini akan dilaksanakan empat tahun anggaran. 
 
 
"Saat ini sudah masuk tahun ketiga dan mudah-mudahan di 2023 sekolah satu atap yang ada di Kelurahan Kencana bisa terealisasi dan difungsikan pada tahun ajaran berikutnya," terangnya.
 
Ia memaparkan, pihaknya juga mendapatkan informasi berharga bahwa terdapat sekolah terbuka di Kota Bogor yang berpusat di SMP 16, Komisi IV DPRD Kota Bogor akan mendukung perluasan sekolah terbuka ini agar bisa meningkatkan taraf pendidikan di Kota Bogor.
 
"Saya kira ini potensial dan menurut kami yang sudah sepakat dengan Disdik sekolah terbuka ini bisa dibuka di tempat lain untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu dan keterbatasan waktu," papar Karnain.
 
 
Disamping itu, Komisi IV juga meminta kepastian kepada Disdik Kota Bogor terkait waktu penggunaan anggaran penebusan ijazah bagi warga yang tidak mampu. Karena untuk diketahui, didalam APBD 2022 Kota Bogor, terdapat anggaran sebesar Rp3 miliar yang disiapkan untuk program penebusan ijazah.
 
"Kemudian, terkait penebusan biaya administrasi pendidikan, ini komisi IV mendorong agar di tahun ini segera terinformasikan kapan waktu implementasinya, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya," pungkasnya. (rizki mauludi)***
 
 


Editor : inilahkoran