Apindo dan Pemkab Bogor Ingatkan Waktu dan Besar Pembayaran THR

Bupati Bogor Ade Yasin sudah mengedarkan surat ke pengusaha untuk membayar THR kepada karyawanya Apindo pun mengingatkannya

Apindo dan Pemkab Bogor Ingatkan Waktu dan Besar Pembayaran THR
Apindo dan Pemkab Bogor ingatkan para pengusaha soal tenggat waktu pembayaran THR.

INILAHKORAN, Bogor - Pemkab Bogor dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bogor mengingatkan para pengusaha akan kewajibannya membayar tunjangan hari raya (THR) 1443 Hijriyah.

Selain meminta psngusaha membayar THR H-7 sebelum Hari Raya Idhul Fitri, sesuai dengan peraturan Menteri Teaga Kerja (Permenaker) nomor 6 Tahun 2016 maka besar THR sesua perjanjian kerja, peraturan perusahaan (PP), atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB), atau kebiasaan yang memuat ketentuan jumlah THR lebih besar dari ketentuan 1 (satu) bulan upah, maka yang berlaku adalah THR yang jumlahnya lebih besar tersebut.

"Bupati Bogor Ade Yasin sudah mengedarkan surat ke pengusaha untuk membayar THR kepada karyawanya, besarnya sesuai Permenaker nomor 6 Tahun 2016," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Zaenal Ashari kepada wartawan, Minggu, 24 April 2022.

Baca Juga: Selain Bagikan Takjil, Aspeknas Bogor Siap Bantu Korban Bencana Alam

Mantan Camat Sukamakmur itu menambahkan, apabila ada pengusaha tak membayar THR semestinya atau terutama tidak sesuai besar atau nilainya, maka bisa melaporkan ke permasahannya ke posko pengaduan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor.

"Bidang permasalahan hubungan industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor siap menerima pengaduan dari karyawan, yang tak mendapatkan hak THR sesuai Permenaker nomor 6 Tahun 2016. InsyaAllah kami akan menindaklanjutinya dengan memanggil pengusaha atau pihak perusahaan," tambahnya.

Ketua DPK Apindo Kabupaten Bogor Alexander Frans menuturkan kepada jajaran anggotanya, ia menghimbau agar pembayaran THR sesuai Permenaker nomor 6 Tahun 2016.

Baca Juga: Baraya dan UMKM DPS Nasdem Bagikan 1.000 Paket Takjil di Bogor Barat

Ia mengingatkan, Tahun 2022 ini tak ada lagi pengecualian atau kebijakan pembayaran THR dilakukan secara vertahap atau lainnya seperti dua tahun terakhir karena alasan pandemi Covid-19.

"DPK Apindo Kabupaten Bogor menghimbau anggota mematuhi aturan pembayaran THR, rata-rata anggota kami paham akan aturan Permenaker nomor 6 Tahun 2016. Kami juga mengingatkan sanksi moral apabila hak THR tidak dibayar perusahaan, karena karyawan bisa saja melakukan aksi demonstrasi dan itu bisa mencoreng nama baik perusahaan. Mudah-mudaha pembayaran THR di Kabupaten Bogor tahun ini berlangsung tertib dan aman," tutur Alexander Frans. (Reza Zurifwan)


Editor : inilahkoran