• Selasa, 5 Juli 2022

Mungkinkah Posisi Wakil Bupati Bogor Terisi? Pengamat Jelaskan Begini

- Sabtu, 30 April 2022 | 19:30 WIB
Iwan Setiawan langsung ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Plt Bupati Bogor pasca penetapan tersangka Ade Yasin usai terjaring OTT KPK. (Reza Zurfiwan)
Iwan Setiawan langsung ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Plt Bupati Bogor pasca penetapan tersangka Ade Yasin usai terjaring OTT KPK. (Reza Zurfiwan)

INILAHKORAN, Bogor- Pengamat politik dan kebijakan publik Yusfitriadi mengatakan kewenangan posisi Wakil Bupati Bogor kini berada di tangan Iwan Setiawan sebagai Plt Bupati dan DPRD setempat.

Yusfriadi menjelaskan, kewenangan Iwan Setiawan yang menggantikan posisi Ade Yasin usai terjaring OTT KPK beberapa waku lalu, sesuai Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Sesuai Undang-Undang tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, kalau sisa jabatan lebih dari delapan bulan, maka posisi Wakil Bupati Bogor yang kosong masih bisa atau boleh diisi atau sebaliknya, itu semua tergantung Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dan DPRD Kabupaten Bogor," kata Yusfitriadi kepada wartawan, Jumat 30 April 2022.

Baca Juga: Usai Geledah Dua Rumah Ade Yasin di Bandung, KPK Dapat Bukti Tambahan Ini

Yusfitriadi menerangkan pengisian posisi Wakil Bupati tidak diwajibkan, seperti halnya Nurhayanti yang ditengah jalan menggantikan posisi Rahmat Yasin menjadi Bupati Bogor.

Maka tidak ada sanksi apabila posisi Wakil Bupati Bogor dikosongkan.

"Tidak ada kewajiban dan sanksi apabila Pemkab Bogor mengosongkan posisi atau jabatan Wakil Bupati Bogor, tinggap nanti tugas Wakil Bupati dibagi ke Sekda, Asisten Pemerintahan atau lainnya," terang Yusfitriadi.

Baca Juga: Spoiler My Liberation Notes Episode 7: Perubahan Sikap Yeom Mi Jong dan Pak Gu Terlihat Jelas

Berbeda dengan Yusfitriadi, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan akan melihat mekanisme dan aturan yang berlaku. Ia merasa sisa waktunya habis hingga mungkin tidak ada pengisian posisi atau jabatan Wakil Bupati Bogor.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Senin, 4 Juli 2022 | 21:20 WIB
X