• Jumat, 1 Juli 2022

Ini Profil Asep Wahyuwijaya Calon Kuat Bupati Bogor di Pilbup 2024

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:56 WIB
Ini Profil Asep Wahyuwijaya yang digadang-gadang sebagai calon Bupati Bogor usai Ade Yasin terjaring OTT KPK. I (Dok InilahKoran)
Ini Profil Asep Wahyuwijaya yang digadang-gadang sebagai calon Bupati Bogor usai Ade Yasin terjaring OTT KPK. I (Dok InilahKoran)

 

INILAHKORAN, Bogor – Nama Asep Wahyu Wijaya ramai diperbincangkan sebagai calon kuat Bupati Bogor pada Pilbup 2024. Lalu siapa sebenarnya Asep Wahyu Wijaya?

Asep Wahyuwijaya digadang-gadang menjadi Calon Bupati Bogor periode 2024-2029 oleh Ketua LSM Ikatan Komunitas Kawasan Puncak Sekitarnya (IKKPAS) Iman Sukarya. Terlebih setelah Bupati Bogor Ade Yasin terjaring OTT KPK, dukungan terhadapnya semakin mencuat.

Mereka menilai, Asep Wahyuwijaya sebagai anggota DPRD Jawa Barat sudah banyak membawa manfaat bagi masyarakat Bumi Tegar Beriman.

Baca Juga: Menguat, Asep Wahyuwijaya Calon Bupati Bogor 2024-2029?

Lalu siapa sebenarnya Asep Wahyuwijaya, dilansir dari laman resmi Asepwiajaya.com, Asep Wahyuwijaya muda rupanya memiliki catatan perjalanan yang cukup menarik, mulai dari kuliah di bidang hukum, menjadi pengacara, berwiraswasta, hingga akhirnya terjun juga di bidang politik.

Dulu Asep Wahyu Wijaya  kuliah di Fakultas Huhum Unpad. Cukup aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan, baik di organisasi intra maupun ekstra kampus. Pernah aktif di Senat, HMI Cabang Bandung, dan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Hukum se-Indonesia (Ismahi) tahun 1996-1998. Cukup dikenal juga sebagai aktivis ’98 dengan julukan “Asep Ismahi”.

Di era kepemimpinan Sekjen Ismahi, organisasi yang dipimpinnya termasuk organisasi kemahasiswaan yang secara lantang meminta Pak Harto tidak dipilih kembali pada pemilihan Presiden oleh MPR tahun 1997. Dan di era reformasi, Kang Asep ikut menggerakan berbagai komponen mahasiswa dan masyarakat untuk menyuarakan tuntutan reformasi yang akhirnya berujung mundurnya Presiden Soeharto pada bulan Mei 1998.

Baca Juga: Mungkinkah Posisi Wakil Bupati Bogor Terisi? Pengamat Jelaskan Begini

Selepas diwisuda, Asep Wahyuwijaya pria kelahiran Bogor itu hijrah ke Jakarta dan berkarir menjadi advokat. Setelah hampir satu dekade malang melintang sebagai pengacara, Kang Asep mendirikan beberapa usaha lain seperti tour & travel, biro umroh & Haji khusus, konsultan SDM, money changer, dan kafe di bilangan daerah Senopati Jakarta.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X