Kota Bogor Godok Raperda Perlindungan Masyarakat dari Dampak Pinjol Hingga Rentenir

DPRD Kota Bogor bahas Raperda Kota Bogor tentang perlindungan masyarakat dari dampak pinjaman Pinjol BK koperasi liar dan rentenir

Kota Bogor Godok Raperda Perlindungan Masyarakat dari Dampak Pinjol Hingga Rentenir
DPRD Kota Bogor buka sidang ketiga paripurna pembahasan Raperda dan salah satunya Raperda Kota Bogor perlindungan masyarakat dampak dari Pinjol, BK, koperasi liar dan rentenir.

 

INILAHKORAN, Bogor – DPRD Kota Bogor akan bahas rancangan peraturan daerah (Raperda), salah satunya Raperda Kota Bogor tentang perlindungan masyarakat dari dampak pinjaman online (Pinjol), bank keliling (BK), koperasi liar dan rentenir.

Pembukaan rapat paripurna gelombang ketiga digelar Selasa 10 Mei 2022. Totalnya ada tiga Raperda yang dibahas, selain tentang perlindungan masyarakat dari dampak pinjaman online (Pinjol), bank keliling (BK), koperasi liar dan rentenir.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin menyampaikan, pada masa sidang ketiga ini, DPRD Kota Bogor memiliki rencana kerja yang sudah ditetapkan melalui Keputusan DPRD Nomor 188.342-26 Tahun 2021 tentang Rencana Kerja DPRD Kota Bogor Tahun Sidang 2022, salah satunya pembahasan Raperda.

Baca Juga: Detik-Detik CopetTerekam Kamera Melakukan Aksinya di Alun-Alun Kota Bogor, Warganet Protes yang Videokan

"Untuk bidang legislasi, sesuai dengan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun sidang 2022, akan ada Raperda yang dibahas oleh DPRD Kota Bogor," ungkap Jenal.

Jenal melanjutkan, ketiga Raperda tersebut adalah Raperda Kota Bogor Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021, Raperda Kota Bogor Tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah kepada Perusahaan Umum Daerah Tirta Pakuan Kota Bogor dan Raperda Kota Bogor tentang perlindungan masyarakat dari dampak Pinjol, BK, koperasi liar dan rentenir.

"Selain itu juga terdapat beberapa Raperda yang belum selesai dan masih dalam tahap pembahasan panitia khusus dan serta terdapat beberapa Raperda yang dalam tahap fasilitasi Gubernur Jawa Barat," terang Jenal.

Baca Juga: Asep Wahyuwijaya Dicalonkan Sebagai Bupati Bogor, Djasepudin: Tak Etis dan Tak Sopan!

Jenal menyampaikan, bahwa pada masa sidang ketiga tahun sidang 2022 ini terdapat kegiatan dibidang legislasi yang akan dilaksanakan oleh DPRD Kota Bogor. Di antaranya adalah penyusunan draft Raperda prakarsa DPRD, pengkajian dan evaluasi efektifitas pelaksanaan Perda dan sosialisasi Perda prakarsa DPRD.

"Jadi itu kegiatan kami dimasa sidang ketiga. Tadi setelah selesai digelarnya paripurna, seluruh anggota dan pimpinan DPRD Kota Bogor yang hadir mengikuti kegiatan halal bi halal dengan Pemerintah Kota Bogor," pungkasnya.

Diketahui, rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin dan dihadiri oleh Wali Kota Bogor Bima Arya serta Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, beragendakan pembukaan masa sidang ketiga tahun sidang 2022. (Rizki Mauludi)

 


Editor : inilahkoran