Menguat, Pakar Dukung KPK dan BPK Audit Kembali Raihan 7 WTP Berturut-turut Kabupaten Bogor

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:59 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat ekspos OTT terhadap Ade Yasin terkait dugaan suap terhadap audit BPK untuk mendapatkan WTP. (Ist)
Ketua KPK Firli Bahuri saat ekspos OTT terhadap Ade Yasin terkait dugaan suap terhadap audit BPK untuk mendapatkan WTP. (Ist)

INILAHKORAN, Bogor- Pengamat politik dan kebijakan publik Yusfitriadi mendukung usulan para legislator agar KPK dan BPK RI melakukan audit investigasi terhadap raihan ketujuh kali berturut-turut penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) yang didapat Pemkab Bogor dari BPK Perwakilan Jawa Barat.

Hal itu, ungkap Yusfitriadi berdasarkan terjadinya kasus operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Bogor non aktif Ade Yasin dan jajaran oleh KPK, dimana mereka diduga melakukan penyuapan terhadap auditor BPK Perwakilan Jawa Barat untuk mendapatkan WTP.

Dugaan penyuapan itu, agar Auditor BPK Perwakilan Jawa Barat mengubah hasil penilaiannya dari disclamer atau tidak bisa menyatakan pendapat menjadi WTP.

Baca Juga: Buntut Kasus Ade Yasin, DPRD Kabupaten Bogor Curiga, Jangan-jangan WTP Sebelumnya Bermasalah

"Saya setuju agar KPK dan BPK RI melakukan audit investigasi terhadap raihan ketujuh kali berturut-turut penilaian WTP Pemkab Bogor, audit hanya dilakukan secara administratif, tetapi juga audit faktual dan audit kinerja," ungkap Yusfitriadi kepada wartawan, Rabu,  11 Mei 2022.

Yusfitriadi juga mendorong agar aktivis mahasiswa Bogor melakukan aksi solidaritas bersih-bersih di lingkungan Pemkab Bogor, demi memperbaiki pelayanan publik.

"Aksi soladaritas bersih-bersih di Jalab Tegar Beriman itu bisa dilakukan secara damai dan simbolik dengan membawa sapu, kain pel dan lainnya. Semoga dengan aksi tersebut para pejabat dan ASN lainnya sadar untuk memperbaiki pelayanannya kepada masyarakat Bumi Tegar Beriman," tutur Yusfitriadi.

Baca Juga: KPK Bakal Periksa Iwan Setiawan, Buat Lengkapi Berkas Ade Yasin

Ia berharap KPK mengusut tuntas dugaan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor)  yang terjadi, hingga Kabupaten Bogor bisa bersih dan Kabupaten Bogor bisa menjadi daerah yang termaju.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Senin, 4 Juli 2022 | 21:20 WIB
X