• Selasa, 5 Juli 2022

Kejari dan Pemkab Bogor Luncurkan Rumah Restorative Justice di Citeureup

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:58 WIB
Kejari dan Pemkab Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Citeureup. (Reza ZUrifwan)
Kejari dan Pemkab Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Citeureup. (Reza ZUrifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Kejari dan Pemkab Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Mukti, Citeureup. Rumah penyelesaian perkara hukum dengan metode dialog, mediasi dan mufakat tersebut jadi percontohan untuk dibangun di desa maupun kecamatan lainnya.

"Pembentukan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Mukti ini jadi percontohan dan kami akan bentuk lagi di desa dan bahkan di Komplek Kantor Pemkab Bogor di Cibinong," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Agustian Sunaryo kepada wartawan, Rabu 18 Mei 2022.

Agustian menerangkan, perkara hukum yang mendapatkan pengampunan dalam program restorative justice ialah yang pelakunya bukan resedivis, jumlah kerugian materil korban kurang dari Rp5 juta dan ancaman hukuman yang tidak mencapai 5 tahun penjara.

Baca Juga: Dua Kendaraan Raib di Pasar Tagog Padalarang, Polsek Padalarang Masih Buru Pelaku

"Tidak semua perkara hukum yang boleh mendapatkan restorative justice, tetapi yang perkara hukum ancaman hukumannya dibawah lima tahun penjara, terduga pelaku baru pertama kali melakukan tindak pidana kejahatan dan kerugian materil korban tidak lebih dari Rp5 juta," terangnya.

Ia menuturkan selain di Rumah Restorative Justice, proses konsultasi perdamaian juga bisa dilakukan ditempat lain, tergantung pemufakatan jaksa, korban, pelaku atau lainnya.

"Selain di Rumah Restorative Justice, proses perdamaian juga bisa dilakukan di tempat lain yang representatif, karena kalau dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, bisa saja ada beban mental karena pendapat masyarakat kalau datang ke kantor kami, orang tersebut sedang diperiksa," tuturnya.

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut Misterius di Indonesia Bertambah, Ini Jumlahnya

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin yang hadir dalam launching Rumah Restorative Justice menyetujui apabila rumah tersebut dibentuk atau dibangun di deaa atau tempat lain.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Senin, 4 Juli 2022 | 21:20 WIB
X