• Senin, 27 Juni 2022

Belum Dikenakan Tarif, Biskita Transpakuan Hingga Kini Masih Digratiskan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:01 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya saat mencoba Biskita Transpakuan yang hingga kini tarifnya masih gratis. (Rizki Mauludi)
Wali Kota Bogor Bima Arya saat mencoba Biskita Transpakuan yang hingga kini tarifnya masih gratis. (Rizki Mauludi)

 

INILAHKORAN, Bogor - Layanan Biskita Transpakuan untuk masyarakat masih belum dikenakan tarif alias gratis, layanan gratis ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sejak November 2021 lalu.

Diketahui, belum diberlakukannya tarif atau gratisnya Biskita Transpakuan ini juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30/2021 tentang penyelenggaraan bidang lalu lintas dan angkutan umum. Serta Permenhub Nomor 2/2022 tentang perubahan atas Permenhub Nomor 9/2020 tentang pemberian subsidi angkutan umum perkotaan.

"Sebenarnya pengenaan tarif direncanakan pada awal tahun 2022. Bahkan, Pemkot Bogor sedang melakukan kajian pentarifan tersebut. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan juga meminta penetapan besaran tarif Biskita terlebih dahulu melalui kajian ability to pay (ATP) dan willingness to pay (WTP)," ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Kamis  23 Juni 2022.

Baca Juga: Tren Semakin Positif, Jumlah Penumpang BisKita Bogor Meningkat Terus

Bima melanjutkan, kajian-kajian tentang tarif tetap dilakukan dengan mengacu kepada aturan yang berlaku. Pemkot melalui Dishub Kota Bogor sedang melakukan kajian tersebut hasilnya nanti akan disampaikan kepada pusat.

"Masih gratisnya layanan Biskita Transpakuan, lantaran anggaran subsidi angkutan umum dengan skema Buy The Service (BTS) ini telah ditetapkan dalam APBN. Karena Biskita ini adalah kolaborasi antara BPTJ Kemenhub dengan Pemkot Bogor, jadi kebijakan tarif ini harus berkoordinasi dengan pusat," jelasnya.

Bima membeberkan, hingga saat ini, Biskita Transpakuan sudah dinaiki lebih dari 400 ribu penumpang. Sebanyak 49 unit bus berukuran sedang ini melayani 4 koridor, diantaranya Stasiun Bogor-Ciparigi, Bubulak-Cidangiang, Bubulak-Ciawi dan Parung Banteng - Air Mancur.

Baca Juga: Naik BisKita Transpakuan Bogor Lebih Mudah Pakai Aplikasi Teman Bus

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X