• Minggu, 26 Juni 2022

Banjir Bandang Ternyata Juga Terjang Leuwiliang, Ribuan Warga Terdampak

- Kamis, 23 Juni 2022 | 13:09 WIB
Banjir bandang melanda dua wilayah di Kabupaten Bogor. Selain di Pamijahan, banjir juga terjadi di Leuwiliang.
Banjir bandang melanda dua wilayah di Kabupaten Bogor. Selain di Pamijahan, banjir juga terjadi di Leuwiliang.

INILAHKORAN, Cisarua – Selain di Pamijahan, banjir bandang juga menerjang Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Warga terdampak sampai ribuan orang.

Banjir bandang tersebut menerjang Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang pada Rabu petang. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisarua yang merupakan anak Sungai Cianten.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sekitar 1.620 warga terdampak akibat bencana tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko di Bogor, Kamis, mengungkapkan, 1.620 warga terdampak itu terdiri dari RT 01, 02, 03, 04 dan 05 RW06, Kampung Cisarua, Desa Purasasi, Kecamatan Leuwiliang.

Baca Juga: Banjir Pamijahan, Aan Ditemukan Meninggal Dunia, Bagaimana Nasib Umar?

Berdasarkan data sementara, banjir menerjang 5 RT di kampung tersebut yakni RT 01, 02, 03, 04 dan 05 RW 06. Adapun jumlah yang terdampak mencapai 405 Kepala Keluarga (KK) dengan 1.620 jiwa

“Kemarin itu hujan intensitas cukup tinggi hingga aliran Sungai Cisarua meluap, kemudian banjir bandang dan memutus aliran air bersih warga,” kata Aris.

Menurutnya, BPBD terus berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk melakukan evakuasi, asesmen serta mendistribusi air bersih untuk warga. Aris juga memastikan, saat ini air berangsur surut, meski warga diminta untuk tetap waspada.

Baca Juga: Banjir Bandang di Pamijahan, Belasan Rumah Rusak dan 4 Jembatan Putus

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X