Iwan Setiawan: Guna Penuhi Standar WHO, Kabupaten Bogor Butuh Tambahan Ranjang di RS

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, guna memenuhi Standar WHO itu Kabupaten Bogor butuh tambahan ranjang di RS.

Iwan Setiawan: Guna Penuhi Standar WHO, Kabupaten Bogor Butuh Tambahan Ranjang di RS
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, guna memenuhi Standar WHO itu Kabupaten Bogor butuh tambahan ranjang di RS.

INILAHKORAN, Bogor - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, guna memenuhi Standar WHO itu Kabupaten Bogor butuh tambahan ranjang di RS.

Saat ini, Iwan Setiawan menyebutkan di Bumi Tegar Beriman itu baru terpenuhi 4.263 ranjang. Demi memenuhi Standar WHO itu Kabupaten Bogor butuh tambahan ranjang di RS lebih dari seribu unit.

"Jika merujuk Standar WHO, maka Kabupaten Bogor butuh tambahan ranjang di RS. Standarnya 5.400 ranjang, sedangkan kita baru tersedia 4.263 ranjang. Artinya, Kabupaten Bogor butuh tambahan 1.137 ranjang lagi," kata Iwan Setiawan usai meresmikan RS Islam Aysha di Keluranan Keradenan, Cibinong, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Cuaca Tak Menentu Akibatkan Belasan Hektare Lahan Tembakau di KBB Terancam Gagal Panen

Untuk itu, Iwan Setiawan siap mempermudah izin apabila RS Islam Aysha atau pihak swasta lainnya ingin membangun rumah sakit lagi di Kabupaten Bogor.

"Untuk menutupi defisit tempat tidur, silahkan pihak swasta membangun rumah sakit (di Kabupaten Bogor), untuk perijinan kami siap membantu," sambung Iwan sapaan akrabnya.

Jika standar tempat tidur sudah terpenuhi, Pemkab Bogor pun, tutur Politisi Partai Gerindra itu akan mengejar jumlah dokter, perawat, apoteker dan tenaga medis lainnya, sesuai Standar WHO.

Baca Juga: Aries Susanti Rahayu Andalkan Amazfit Bip 3 untuk Mendaki Mimpi Besar

"Selain defisit tempat tidur, Kabupaten Bogor sesuai standar WHO juga defisit jumlah standar dokter, perawat dan tenaga medis lainnya. Kami apresiasi jika ada swasra apalagi putra daerah yang ingin membangun rumah sakit di Kabupaten Bogor," tuturnya.

Iwan Setiawan menjelaskan bahwa adanya rumah sakit swasta telah membantu atau meringankan beban Pemkab Bogor, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Peran swasta yang sudah membangun rumah sakit, tentunya luar biasa membantu atau meringankan beban Pemkab Bogor dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat baik itu di kelas III, II maun I. Pembangunan rumah sakit baru masih kita butuhkan, seperti di wilayah utara maupun barat, Kabupaten Bogor," jelas Iwan Setiawan. (Reza Zurifwan)


Editor : inilahkoran