Dedie Minta Gencarkan Edukasi Ke Masyarakat Soal Pencegahan Penyebaran PMK

Dedie A. Rachim meminta semua unsur terus menggencarkan edukasi kepada masyarakat tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan.

Dedie Minta Gencarkan Edukasi Ke Masyarakat Soal Pencegahan Penyebaran PMK
Wawalalkot Bogor Dedie A Rachim meminta agar sosialisasi pencegahan kepada masyarakat digencarkan soal PMK terlebih saat ini mau Idul Adha

 

INILAHKORAN,  Bogor - Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim meminta semua unsur terus menggencarkan edukasi kepada masyarakat tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan. Terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi.

"Ya, dengan berbagai cara, pesan akan wabah PMK harus tersampaikan dengan baik oleh masyarakat. Masyarakat harus diberi edukasi terkait dengan kondisi dan bagaimana cara mengatasinya. Perlu diberi informasi pula bagaimana masyarakat bisa membeli hewan kurban," ungkap Dedie A Rachim kepada wartawan pada Selasa  5 Juli 2022.

Dedie A Rachim  memaparkan, bukan tanpa tindakan, pemerintah bersama dengan unsur terkait sudah melakukan berbagai langkah. Pertama, edukasi agar pemahaman masyarakat terhadap PMK itu lebih memadai dan dipahami.

Baca Juga: Protes Usai Ditegur Karena Main Gitar Malam-malam, Pemuda di Bogor Tendang Pagar Rumah Warga: Gua Pribumi!

"Kedua, kami melakukan pemetaan dan monitoring. Dimana saja kira - kira potensi terjadinya PMK dan kemudian kita lakukan treatment. Ketiga, kami juga melakukan vaksinasi dan pemberian obat-obatan kepada hewan yang masih sehat," terangnya.

Dedie membeberkan, dengan langkah - langkah tersebut, semua hewan kurban tak berpotensi terpapar. Sehingga bisa dipastikan pula hewan tersebut layak untuk dikonsumsi. Termasuk pembentukan Satuan Tugas (Satgas) PMK tingkat kota hingga ke wilayah terkecil.

"Untuk itu, saya memastikan masyarakat bisa lebih tenang menghadapi Idul Adha. Sekaligus tidak ada kekhawatiran untuk membeli hewan kurban karena kesehatannya sudah terjamin," bebernya.

Baca Juga: Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Dedie menegaskan, pihaknya berusaha sangat ketat dalam hal pengawasan dan berkeinginan tidak terjadi atau meluas PMK di Kota Bogor.

"Makanya kami membentuk satgas, edukasi, monitoring, pengawasan di lapangan dengan tujuan agar tidak semakin meluas. Yang pasti ada hewan sakit yang ditangani secara klinis. Dan hewan sehat yang harus kita jaga kesehatannya agar tidak terjangkit," pungkas Dedie. (Rizki Mauludi)


Editor : inilahkoran