BPBD Karawang Waspada Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang mewaspadai bencana alam banjir menyusul tingginya intensitas hujan di daerah tersebut selama beberapa pekan terakhir.

BPBD Karawang Waspada Banjir
INILAH, Karawang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang mewaspadai bencana alam banjir menyusul tingginya intensitas hujan di daerah tersebut selama beberapa pekan terakhir.
 
"Ada delapan kecamatan yang rawan banjir, jadi pada musim hujan ini kita harus waspadai ancaman banjir," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Supriyatna saat dihubungi di Karawang, Sabtu (26/1/2019).
 
Ia mengatakan, dari total 30 kecamatan yang ada di Karawang, wilayah yang paling rawan banjir terdapat di delapan kecamatan. Di antaranya Kecamatan Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Karawang Barat, Rengasdengklok, Batujaya, Pakisjaya, Cilamaya Wetan dan Kecamatan Cikampek.
 
"Hampir setiap tahun delapan kecamatan itu selalu dilanda banjir saat musim hujan," katanya. Penyebab banjir di delapan kecamatan sekitar Karawang tersebut ialah karena meluapnya sungai-sungai besar di Karawang seperti Sungai Citarum, Cibeet dan Cilamaya.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Karawang Ruchimat mengingatkan agar masyarakat yang tinggal di dekat bantaran tiga sungai itu mewaspadai banjir selama musim hujan seperti saat ii.
 
"Banjir bisa datang tiba-tiba, jadi perlu kewaspadaan bersama," katanya.
 
Untuk mengantisipasi bencana banjir yang setiap tahun selalu terjadi di wilayah Karawang, pihaknya telah menyiapkan lokasi evakuasi.Pihaknya juga menyiapkan logistik, tenda, perahu, hingga memobilisasi relawan.


Editor : inilahkoran