Dukung Pahlawan Devisa, bank bjb Teken MoU dengan BP2MI Terkait Pembiayaan untuk Pekerja Migran Indonesia

Direksi bank bjb menilai, kontribusi pekerja migran Indonesia merupakan salah satu pilar penting ekonomi nasional khususnya penerimaan devisa negara. Untuk itu, diperlukan dukungan pembiayaan yang akan dikerjasamakan dengan BP2MI.

Dukung Pahlawan Devisa, bank bjb Teken MoU dengan BP2MI Terkait Pembiayaan untuk Pekerja Migran Indonesia
Kerja sama ditandatangani Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dan Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022. Sebagai informasi, berdasarkan data BP2MI, pada kuartal I 2022 para pekerja migran Indonesia telah menyumbang devisa negara sebesar Rp34,1 triliun. (istimewa)

INILAHKORAN, Jakarta - Direksi bank bjb menilai, kontribusi pekerja migran Indonesia merupakan salah satu pilar penting ekonomi nasional khususnya penerimaan devisa negara. Untuk itu, diperlukan dukungan pembiayaan yang akan dikerjasamakan dengan BP2MI.

Melihat potensi besar dan peran strategis pekerja migran Indonesia, bank bjb kembali memperkuat kolaborasi dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pekerja migran. Wujud nyata tersebut dibuktikan dengan penandatangan nota kesepahaman terkait pembiayaan produk dan jasa layanan perbankan bagi pekerja migran Indonesia.

Kerja sama tersebut ditandatangani Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dan Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022. Sebagai informasi, berdasarkan data BP2MI, pada kuartal I 2022 para pekerja migran Indonesia telah menyumbang devisa negara sebesar Rp34,1 triliun.  

Baca Juga : DJP dan Korlantas Polri Sepakati Pertukaran Data Kendaraan Bermotor dan Perpajakan Demi Penerimaan Negara

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan, nota kesepahaman ini menjadi awal yang baik untuk saling menguatkan sinergi kelembagaan dan menghadirkan negara dalam memberikan perlindungan pekerja migran secara menyeluruh, baik sebelum, selama dan setelah bekerja. 

Menurutnya, kerja sama dengan BP2MI juga merupakan bukti nyata bank bjb selalu mendukung program-program pemerintah terutama dalam hal mendukung program pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan. Selain itu sebagai bentuk dukungan bagi pekerja migran yang  merupakan pahlawan devisa dan duta bangsa. 

Sebagai tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman dengan BP2MI juga akan dilakukan kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) terkait penempatan pekerja migran Indonesia kemudian pemanfaatan dan pertukaran data dengan BP2MI.

Baca Juga : XL Axiata dan Huawei Demonstrasikan Konsep Jaringan Green 5G 

Yuddy menambahkan, selain itu juga terdapat potensi bisnis lain. Seperti peluang pemasaran produk dan layanan bank bjb untuk perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia serta pihak lain yang terlibat dalam penyaluran KUR bagi pekerja migran Indonesia.

Halaman :


Editor : donramdhani