• Rabu, 22 September 2021

Pemimpin Korut Kim Jong-un Dikabarkan Meninggal

- Minggu, 26 April 2020 | 08:00 WIB

INILAH, Seoul - Seorang pakar Semenanjung Korea meyakini bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah meninggal dunia, seiring dengan berbagai gambar dan artikel mengenai kabar tersebut yang menyebar di dunia maya.

Dalam beberapa hari terakhir, publik menyoroti Korea Utara setelah muncul pemberitaan yang menyebut Kim Jong-un berada dalam kondisi kritis seusai operasi kardiovaskular.

Kabar itu mengemuka setelah dia absen dalam Hari Matahari, yakni peringatan kelahiran mendiang kakek sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, pada 15 April lalu. Terbaru, pria 36 tahun ini juga tidak muncul di hadapan umum saat memperingati ulang tahun angkatan bersenjata Korea Utara pada Sabtu (25/4/2020).

Terakhir kali Kim Jong-un terlihat di muka publik adalah saat memimpin pertemuan para petinggi Dewan Politbiro Partai Buruh pada 11 April 2020.

Wakil direktur kanal Hong Kong Satellite TV mengklaim bahwa Kim Jong-un meninggal, yang kemudian diperkuat keterangan pakar Semenanjung Korea, Jang Sung-min.

Dilansir IBTimes, Sabtu, Chairman The World and Northeast Asia Peace Forum itu menyiratkan kepercayaan bahwa kabar tersebut benar.

Jang Sung-min mengutip ucapan sumber bahwa pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu berada dalam kondisi serius.

"Kondisi kesehatan Kim Jong-un sangat serius. Kemudian pada pagi ini, pemerintah Korut menyimpulkan mustahil bagi mereka menyelamatkannya," kata Jang Sung-min.

Dia menjelaskan, sang sumber itu sempat ditanya apakah dia bersedia untuk memastikan apakah Kim Jong-un sudah tiada ataukah masih hidup.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Taliban: Di Afghanistan Tak Ada Al Qaida ataupun ISIS!

Selasa, 21 September 2021 | 21:52 WIB
X