• Selasa, 7 Desember 2021

Dubes RI Sapa WNI Aktivis Kemanusiaan di Gaza

- Kamis, 30 April 2020 | 19:30 WIB
(Antara Foto)
(Antara Foto)

INILAH, Gaza- Dubes RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto menyapa warga negara Indonesia (WNI) di tengah pandemi COVID-19 dengan menghubungi salah seorang aktivis kemanusiaan anggota MER-C Indonesia di Gaza.

Meskipun di tengah pandemi, inisiatif dan aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh MER-C Indonesia merupakan bukti dukungan Indonesia kepada Palestina.

Sejak awal, komitmen ini diperlihatkan tidak hanya oleh Pemerintah Indonesia, tetapi juga oleh berbagai kalangan di tanah air, termasuk organisasi kemanusiaan.

"Mereka adalah pejuang kemanusiaan sejati dan tanpa pamrih! Ini juga menunjukkan bukti bahwa dalam situasi dan keadaan apapun, Indonesia selalu bersama Palestina," kata Dubes Andy, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Di tengah pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020, semua negara di muka bumi tanpa kecuali menghadapi situasi kedaruratan dengan melakukan penguncian (lockdown) wilayah dan pembatasan sosial.

Sementara, wilayah jalur Gaza di Palestina sebenarnya telah mengalami situasi kedaruratan semacam itu akibat blokade total yang dilakukan Israel sejak 2007. Akibatnya, perbatasan darat, laut dan udara Gaza juga ditutup dan pergerakan keluar-masuk warga Gaza sangat dibatasi.

Pasca konflik Gaza tahun 2008-2009 yang menelan korban ribuan jiwa, situasi kemanusiaan di bagian selatan wilayah Palestina ini semakin serius dan mengkhawatirkan. Atas tragedi kemanusiaan yang terjadi, banyak pihak di Indonesia tidak hanya mengecam aksi agresi Israel itu, tetapi banyak pula yang terpanggil untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Salah satu lembaga yang terpanggil adalah MER-C Indonesia, sebuah lembaga sosial masyarakat mandiri yang bergerak dalam bidang kegawat-daruratan medis dan kemanusiaan.

Lembaga itu bertujuan memberikan pelayanan medis untuk korban perang, kekerasan akibat konflik, kerusuhan, kejadian luar biasa, dan bencana alam di dalam maupun di luar negeri.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB
X