• Selasa, 7 Desember 2021

Virus Covid-19 Menular lewat Udara, Ini Ulasan WHO

- Selasa, 7 Juli 2020 | 21:40 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jenewa/Chicago - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengulas laporan penelitian terbaru yang menunjukkan bukti virus corona jenis baru (SARS-CoV-2), penyebab Covid-19, dapat menular lewat udara.

Setelah hasil penelitian itu terbit, lebih dari 200 ilmuwan mengirim surat ke WHO meminta lembaga itu segera memperbarui protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

WHO mengatakan SARS-CoV-2 menular via cairan pernapasan dari hidung dan mulut orang yang terjangkit. Tetesan cairan itu juga cepat jatuh ke tanah.

Namun, lewat surat terbuka yang dikirim ke WHO, Senin (6/7), dalam jurnal "Clinical Infectious Diseases", 239 peneliti dari 32 negara menggarisbawahi bukti bahwa virus yang melayang di partikel udara dapat menyerang orang saat bernapas.

Oleh karena itu, peneliti mendesak WHO memperbarui panduan kesehatannya. "Kami mengetahui isi artikel itu dan saat ini masih diulas oleh para ahli kami," kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, Senin, lewat surat elektronik.

Sejauh ini belum jelas seberapa besar kemungkinan Covid-19 dapat menular via udara. Jika WHO mengubah penilaian risikonya, maka itu akan mengubah anjuran jaga jarak sepanjang satu meter (3,3 kaki). Otoritas di banyak negara yang bergantung pada anjuran WHO kemungkinan akan mengubah kebijakannya demi menekan penyebaran Covid-19.

Meskipun WHO sempat mempertimbangkan kemungkinan penularan via udara, lembaga itu belum yakin dengan bukti yang tersedia.

Ahli penyakit menular dari University of Minnesota, Dr Michael Osterholm mengatakan WHO enggan mengakui penularan virus influenza via udara, meskipun "ada data kuat". Kontroversi itu pun menuai debat di kalangan para ahli.

"Saya pikir tingkat frustrasinya cukup tinggi mengingat udara juga berperan menularkan penyakit seperti influenza dan SARS-CoV-2," kata Osterholm.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB
X